Cara Membuat Subtitle

09 Aug 2012 20:00 | Hits: 29037

Cara Membuat Subtitle Video dengan Software Aegisub

Cara Membuat Subtitle Video dengan Software Aegisub

Anda pasti sudah akrab dengan istilah subtitle. Ketika kita download film atau video asing di internet, kita sering mencari video yang sudah tersedia subtitle untuk video terkait. Atau juga, ada situs tersendiri yang memang menyediakan subtitle secara terpisah. Subtitle digunakan agar kita bisa memahami maksud dan mengetahui setiap kata yang dibicarakan pada film atau video tersebut.

Jika saat ini sudah banyak situs penyedia subtitle instan, bagaimana jika kita mencoba untuk menjadi subber atau penerjemah sendiri? Cara membuat subtitle ada beberapa tahap yang harus dilewati, pada proses subtitling film atau video asing lain, ada proses di mana melakukan penerjemahan alih bahasa, kemudian melakukan proses penulisan subtitle itu sendiri, dan terakhir adalah mengatur pengaturan waktunya. Memang cukup sulit untuk melakukan ini dan butuh ketrampilan khusus, akan tetapi, dengan software membuat subtitle, Anda bisa belajar menjadi subber dengan mudah.

Adalah Aegisub, sebuah software membuat subtitle yang cukup populer dan banyak digunakan untuk membuat subtitle. Software ini menyediakan tools yang beragam untuk membuat dan mengkustomisasi subtitle Anda. Anda bisa belajar langkah dasar untuk membuat suatu subtitle. Bukan hanya subtitle untuk film, tapi juga teks untuk video karaoke Anda. Lalu, bagaimana cara membuat subtitle video lewat software ini? Simak panduang dari Paseban ini

Pertama, tentu saja Anda harus mengunduh software membuat subtitle ini. Anda bisa mencarinya lewat Google, atau bisa langsung dengan mengklik link ini. Jika sudah, lakukan proses penginstalan seperti biasa. Pilih bahasa yang Anda inginkan sebagai bahasa software.

Buka software membuat subtitle ini. Halaman pertama kali Anda membuka software adalah halaman utama di mana subtitle tersebut akan Anda buat. Langsung saja klik menu Video lalu pilih Open Video. Cari lokasi video Anda lalu buka dan tunggu software memuat video Anda. Halaman Anda kini akan memiliki player video, namun tentu tanpa suara. Untuk memudahkan proses pembuatan subtitle, pilih menu Audio lalu Anda bisa memilih dua opsi. Opsi pertama adalah jika Anda memiliki atau ingin memasukkan audio lain, klik Open Audio File. Nantinya, Anda memilih audio yang ada di direktori Anda. Namun jika Anda ingin menampilkan audio dari video yang sudah Anda pilih, maka klik Open Audio From File. Tunggu software memuat audio Anda.

Langkah pertama, jika Anda ingin membuat subtitle dengan menggunakan capture pada video, Anda bisa mulai dengan mengklik tombol play pada video player di software ini. Atur waktu awal dan akhir pada frame untuk subtitle Anda dengan mengklik ikon layar berwarna biru dengan memiliki garis waktu berwarna hijau. Ikon tersebut bisa Anda temukan di bawah menu Automation sebelah kanan Audio. Anda harus memilih waktu akhir untuk satu frame subtitle Anda dengan mengklik ikon layar yang memiliki garis waktu berwarna merah. Letak kedua ikon ini berdampingan.

Jika sudah kini saatnya Anda menulis subtitle dari waktu yang sudah Anda pilih tadi. Tulis subtitle tersebut pada kolom yang sudah disediakan di bawah audio player. Tulis seperti biasa. Jangan lupa untuk mengklik commit untuk menyimpan pekerjaan Anda. Lakukan langkah tersebut untuk setiap frame subtitle Anda.

Untuk memastikan apakah subtitle Anda keluar tepat pada waktunya, gunakan audio player untuk mengedit ulang setting waktu subtitle Anda. Anda bisa menggunakan garis merah dan garis orange untuk mengaturnya. Garis merah adalah pengaturan waktu awal, sedangkan garis orange adalah pengaturan waktu akhir. Geser dan sesuaikan dengan kalimat subtitle Anda. Klik Commit agar pekerjaan Anda tidak sia-sia.

Jika sudah, Anda bisa mengatur style subtitle Anda. Klik menu Subtitles lalu pilih Styles Manager. Pilih New untuk membuat pengaturan style subtitle baru. Menu ini akan membawa Anda pada pengaturan font seperti biasa. Anda bisa menamai setiap pengaturan dengan nama yang Anda inginkan. Jika sudah, maka klik Ok dan jangan lupa untuk menyimpannya di Storage. Untuk menampilkannya pada menu pilihan style manager Anda, maka copy to current script. Klik close. Anda bisa menerapkan profil style subtitle dengan mengklik menu Default yang ada di atas kolom penulisan subtitle. Klik tAnda panahnya lalu pilih profil yang sudah Anda buat.

Jangan lupa simpan pekerjaan Anda dengan mengklik menu File. Jika Anda melakukan penyimpanan seperti biasa, maka jenis file yang diterapkan adalah .ass. Jika ingin menggunakan jenis file .srt yang umum, maka pada menu File, pilih Export. Klik lagi Export pada jendela berikutnya. Buat nama yang sama dengan nama file video. Pilih type subtitle .srt lalu ok. Jika sudah Anda bisa mulai mengecek pekerjaan Anda. Semoga berhasil. [ZH]