Portable Power Bank

07 Aug 2012 13:00 | Hits: 34303

Teliti Sebelum Membeli Portable Power Bank

Teliti Sebelum Membeli Portable Power Bank

Baterai merupakan bagian paling penting dalam aktivitas gadget. Tanpa baterai tentunya kita tidak bisa menggunakan gadget tersebut bahkan hanya untuk menyalakannya. Kemampuan sebuah baterai juga tergantung dari kapasitas baterai itu sendiri dan konsumsi pada gadget tersebut. Pada smartphone, konsumsi baterai akan lebih banyak dari mobile phone lainnya. Banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dan kebutuhan yang harus selalu online, membuat baterai lebih cepat habis daya.

Pada saat baterai berada pada keadaan lemah daya, kita tentunya harus kembali mengisi ulang baterai tersebut. Akan tetapi, ketika berada pada ruangan yang tidak memiliki sikring listrik atau ketika Anda berada di luar ruangan, apa yang harus Anda lakukan? Beberapa waktu lalu, Paseban pernah membahas berbagai alternatif untuk mempertahankan daya hidup ponsel Anda.

Salah satu cara mempertahankan daya baterai Anda agar ponsel tetap menyala adalah dengan menggunakan portable power bank. Banyak model dari berbagai merk portable power bank yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Akan tetapi, bagaimana caranya agar Anda tidak salah pilih portable power bank? Jika power bank tidak sesuai dengan kapasitas dan kemampuan baterai ponsel Anda, bisa jadi malah bisa merusak baterai dan ponsel Anda.

Pilih Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih portable power bank, sebaiknya harus bijak dan sesuai kebutuhan. Ketahui terlebih dahulu berapa daya dari baterai ponsel Anda. Pilih yang cukup untuk membantu aktivitas Anda selama Anda berada di luar jangkauan sambungan listrik. Jika kapasitas baterai ponsel Anda 1200 mAh, maka Anda bisa menggunakan kapasitas 3000 mAh untuk dua kali pengisian ulang.

Jika kapasitas tersebut masih Anda rasa kurang karena aktivitas Anda yang membutuhkan mobilitas yang tinggi, Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli portable power bank dengan kapasitas yang lebih besar. Akan tetapi, jangan berlebihan karena proses pengisian daya pada portable power bank Anda pastinya juga meningkat dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, Anda harus memastikan arus output dan input yang diterima baterai dan ponsel Anda, apakah cocok atau tidak.

Lakukan Review Merk

Para calon pembeli tentunya harus cerdas dalam memilih apa pun, termasuk portable power bank. Perbanyak review Anda terkait merk-merk penyedia portable power bank. Semua memang memiliki kelebihan dan kekurangan dalam produknya. Akan tetapi, memperbanyak review tentang merk portable power bank bisa menambah pertimbangan Anda untuk menentukan pilihan. Jangan sampai, niat ingin menghemat, malah tertipu karena tidak ada review sebelumnya.

Anda pun bisa mencari review tentang kualitas portable power bank yang dihasilkan produsen terkait dengan melihat komentar-komentar konsumen. Cari tahu juga batas maksimum aktivitas pengisian ulang (recharge) yang sanggup dilakukan power bank tersebut. Hal ini bisa menambah gambaran Anda tentang berapa lama umur power bank rata-rata. Jangan termakan dengan segala buaian para produsen sebelum Anda membaca komentar dari para konsumen. Lainnya, jangan lupa untuk mencari agen penjual terpercaya agar Anda tidak mudah tertipu.

Perhatikan Kelengkapan

Pada poin memilih portable power bank kali ini adalah mengenai fisik dan kelengkapan power bank itu sendiri. Banyak fitur yang ditawarkan produsen power bank. Anda harus bisa memeriksa apakah kelengkapan yang dijanjikan sesuai dengan apa yang Anda akan terima.

Ada power bank yang memberikan fitur lampu indikator. Lampu tersebut dibuat untuk memberitahu ketika baterai sudah terisi penuh. Ada pula yang tidak menggunakan lampu indicator ini. Anda harus jeli sebelum membeli. Pastikan pilihan Anda sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Selain tu, Anda juga harus memeriksa kelengkapan jek power bank. Portable power bank biasanya memiliki berbagai ragam ukuran dan jenis jek yang bisa digunakan untuk banyak device. Sebelum Anda pergi, periksa terlebih dahulu apakah jek tersebut sesuai dengan device-device yang akan Anda gunakan.

Jika Anda teliti sebelum membeli, maka Anda tak perlu khawatir salah dalam memilih produk power bank. Menjadi pembeli cerdas saat ini sangat diperlukan karena maraknya barang tiruan yang kesempurnaannya hampir bisa menyerupai yang asli. Selamat memilih. [ZH]