Outlook.com

07 Aug 2012 09:00 | Hits: 4453

Outlook.com - Revolusi Layanan Email Pengganti Hotmail Milik Microsoft

Outlook.com - Revolusi Layanan Email Pengganti Hotmail Milik Microsoft

Jika Anda adalah seorang pengguna internet sejak lama, barangkali Hotmail adalah layanan email pertama yang digunakan. Hotmail secara resmi merupakan milik perusahaan Microsoft sebagai penyedia layanan email yang telah beroperasi sejak bulan July 1996. Bersamaan dengan berakhirnya bulan Juli tahun 2012 kemarin, rupanya layanan tersebut mengalami revolusi secara besar-besaran. Tepat di akhir bulan Juli kemarin Microsoft membuat perombakan secara besar dengan mengganti email microsoft tersebut dengan nama Outlook.

Untuk awalnya, Hotmail masih akan beroperasi. Proses perallihan tentunya tidak dapat dilakukan dengan mudah. Microsoft sendiri hanya melakukan branding ulang layanan email dengan bendera baru: Outlook, dan memindahkan layanan ke Outlook.com. Situs Hotmail masih dapat digunakan, dan Anda tidak perlu terburu-buru menggantinya dengan akun terbaru. Namun, perubahan ini tentunya mengartikan bahwa Anda harus maju selangkah lebih maju dengan beradaptasi melalui Outlook. Anda masih dapat menggunakan alamat Hotmail, dan menggunakannya seperti biasa. Tapi, akun Anda akan berubah menjadi akun Outlook.

Fitur integrasi sosial menjadi kekuatan pada email terbaru ini. Outlook akan mengirimkan update tweet atau jejaring sosial lainnya bagi siapapun orang yang tengah berbincang dengan Anda bersama dengan link ke halaman profil mereka. Bahkan, Microsoft memungkinkan Anda untuk melakukan pemindaian untuk layanan berisi konten-konten umum, menyisikan "Like", komentar, retweet dan membalas pesan secara langsung melalui panel. Outlook memiliki tampilan desain yang lebih segar dibandingkan Hotmail. Dengan fitur terbarunya, rupanya Microsoft secara matang telah memikirkan bagaimana desain yang nyaman bagi penggunanya. Salah satu hal yang harus Anda perhatikan setelah proses transisi layanan email ini terjadi adalah desain terbarunya. Jika dibandingkan dengan tampilan Hotmail, tentunya Outlook telah memiliki desain yang dirancang mengikuti perkembangan zamannya.

Bagi para pengguna perangkat Windows Phone atau Windows 8, tampilan interface Outlook akan mendapatkan pengalaman akses email yang lebih nyaman. Dengan dominasi warna biru, desain Outlook.com memiliki perbedaan signifikan dibandikan Hotmail. Anda bahkan mengganti warna biru tersebut dengan warna yang Anda sukai. Setelah Anda melakukan migrasi akun Hotmail ke Outlook, maka seluruh newsletter, shipping update, dan update sosial lainnya dapat dibaca berdasarkan kategori. Seluruh dokumen ataupun data yang masuk melalui attachment akan masuk ke dalam kategori "quic view." Salah satu fitur terbaik yang hadir dalam tampilan terbaru ini adalah kemampuan untuk membuatnya tampak sederhana dengan menawarkan Anda satu kegiatan saja yakni membuat pesan terbaru. Selain itu, tampilan tata letaknya secara relatif memiliki perbandingan yang mirip dengan Gmail.

Outlook.com memang memiliki pendirian yang cukup jauh dibandingkan dengan layanan email gratis lainnya seperti Gmail dengan membangun kerjasama bisnis tampilan iklan pada halamannya. Hal itu telah dilakukan sejak generasi Hotmail berjaya. Dengan adanya iklan, Anda akan dipaksakan untuk melihat hal tersebut. Dengan menggunakan layanan terbaru ini sekarang Anda didorong melihat tampilan iklan berupa teks yang berjalan dari bagian kanan panel pesan Anda. Iklan itu dibuat berdasarkan data personal dan akan lebih spesifik apabila Anda klik pesan tersebut. Fitur-fitur email terbaru memang menjadi andalan Outlook.

Perbedaan inilah yang membuat layanan email terbaru ini berbeda. Sosial integrasi adalah ide yang sangat baik untuk diterapkan. Setelah fitur itu digunakan, proses interaksi dengan seseorang melalui email, baik orang tersebut tengah memanfaatkan jejaring sosial akan lebih hal yang lebih menarik dan nyaman dilakukan. Seperti halnya Skype, tujuan dari fitur terbaru ini adalah membuat proses komunikasi menjadi lebih baik lagi.

Hotmail memang sempat menjadi primadona di zamannya. Setelah beberapa periode menguasai bisnis layanan email, peningkatan dan perubahan yang revolusioner dengan meniru beberapa fitur para kompetitornya akan membuat pengguna lamanya cukp senang. Proses transisi ini mungkin bagi beberapa pengguna adalah kejutan. Namun melihat performa yang ditawarkan, keterkejutan itu akan menjadi kejutan yang cukup manis bagi mereka. Pasalnya tampilan layanan email Microsoft sebelumnya tidak pernah terlihat bersih dan memiliki banyak fungsi seperti halnya Gmail. Membawa fitur terbaru di dalamnya, layanan email ini masih dapat bergerak maju dan melakukan perubahan. Bahkan beberapa media menyebutkan bahwa Outlook dapat lebih superior dibandikan Gmail. Bahkan secara teknis, para pengguna perangkat smartphone akan senang untuk mengetahui bahwa layanan email ini berbasis Exchange Active Sync.

Dengan begitu Anda dapat melakukan pengaturan ulang menggunakan akun email melalui perangkat smartphone seperti iPhone, BlackBerry, ataupun perangkat lainnya. Selain itu, Anda dapat meluncurkan Windows Live Messenger untuk melakukan pembicaraan kapanpun juga. Dengan integrasi Skype di dalamnya, Anda dapat memulai pembicaraan dengan seseorang langsung melalui Outlook. [MS]

video preview