Situs Mesin Pencari

24 Jun 2013 08:30 | Hits: 1068

DuckDuckGo, Situs Mesin Pencari Dengan Tingkat Keamanan Privasi Lebih Baik Dari Google

DuckDuckGo, Situs Mesin Pencari Dengan Tingkat Keamanan Privasi Lebih Baik Dari Google

Kebebasan untuk mengakses situs dalam internet memang menjadi dambaan semua orang karena privasi pengguna tetap terjaga dengan tidak dicatat atau direkamnya kegiatan pengguna selama mengakses internet oleh sistem. Beberapa waktu lalu pengakses sempat heboh dengan kabar adanya tracking pada situs mesin pencari yang dilakukan oleh NSA atau National Security Agency dari Amerika Serikat di mana pemerintah atau departemen yang mengatur lalu lintas jaringan internet berhak melakukan tracking atau pengaksesan data pribadi milik pengguna baik dari smartphone dengan sistem operasi seperti iOS, Android, maupun Windows Phone lewat situs mesin pencari.

NSA dan Tracking Data Pribadi Melalui Search Engine

Hal ini jelas melanggar hak privasi dari pengguna selain juga mengurangi kebebasan yang harusnya tidak dibatasi ketika menggunakan internet. Pihak NSA berdalih bahwa kebijakan NSA ini bertujuan untuk mengontrol tindakan yang mengganggu keamanan dari pihak pemerintah Amerika terkait masalah teroris yang menggunakan situs mesin pencari dari jaringan internet sebagai tempat berkomunikasi maupun menyebarkan doktrin-doktrin yang dianggap berbahaya bagi keselamatan warga maupu pemerintah Amerika Serikat sendiri.

Tindakan yang dilakukan oleh NSA ini menyebabkan ketidakpercayaan masyarakat khususnya pengakses internet yang menggunakan smartphone Android, iOS, maupun Windows Phone dalam menggunakan mobile browser dari smartphone mereka karena takut data pribadi mereka dapat diakses oleh NSA dengan mudah. Faktor inilah yang membuat pengaksesan situs mesin pencari terkenal macam Google dan Yahoo mengalami penurunan yang sangat jauh dibanding dengan ketika rumor tracking website dari NSA belum beredar.

DuckDuckGo, Search Engine yang Menjaga Privasi

Para pengguna dan pengakses internet tampaknya berganti haluan dengan mencari situs mesin pencari yang menjamin history dari pengaksesan situs maupun browsing yang dilakukan tidak disimpan oleh situs mesin pencari yang nantinya dapat diakses oleh pihak NSA ataupun pihak lain. Salah satu search engine yang paling banyak digunakan dalam kurun beberapa waktu terakhir ini adalah DuckDuckGo.

Situs ini menjadi semakin popular karena selain tidak bekerja sama dengan pihak pemerintah Amerika Serikat maupun dengan NSA, DuckDuckGo juga menjaga privasi dari pengguna dengan tidak menyimpan data pengaksesan yang dilakukan oleh pengguna seperti daftar situs yang diakses. Situs mesin pencari ini dikembangkan oleh Gabriel Weinberg dan diluncurkan pada tahun 2008 dan mendapat apresiasi yang baik oleh para pengguna internet karena berani menjamin keamanan dan privasi pengguna selama menggunakan search engine ini.

Pada tahun 2009, DuckDuckGo memutuskan untuk tidak melakukan tracking pada alamat IP dari pengakses sehingga tidak ada history maupun data yang tersimpan mengenai profil dari pengakses yang selama ini dapat dilacak oleh pihak NSA melalui alamat IP maupun alamat MAC. Ini membuat situs mesin pencari ini tidak mengetahui siapa yang menggunakan fasilitas mesin pencari dari DuckDuckGo karena hanya menampilkan hasil dari pencarian yang diinginkan oleh pengakses. Search engine ini sendiri ditulis pada bahasa pemrograman Perl dan dioperasikan pada web proxy server dengan menggunakan Nginx sebagai aplikasi cachingnya. Selain berjalan menggunakan Nginx, DuckDuckGo juga berjalan pada sistem operasi berbasis UNIX, macam FreeBSD dan Linux.

Kesuksesan DuckDuckGo Sebagai Search Engine Alternatif

Jaminan keamanan inilah yang membuat DuckDuckGo menjadi situs mesin pencari yang paling banyak digunakan dalam kurun waktu 2 minggu ini mengalahkan search engine yang lain macam Google dan Yahoo. Sebenarnya DuckDuckGo sempat mengalami lonjakan dalam jumlah pengakses maupun jumlah pengaksesan pada awal tahun 2012 di mana terdapat rumor bahwa Google akan melakukan pembagian informasi dengan service yang berada di dalam lingkup Google sendiri.

Walaupun tidak sehandal Google maupun Yahoo dalam melakukan pencarian informasi, DuckDuckGo tetap mampu bersaing berkat privasi pengguna yang dijaga dengan baik serta antarmuka yang sederhana dan simpel seperti Google memberikan kemudahan penggunaan bagi pengguna atau pengakses awam sekalipun. Apalagi situs mesin pencari ini hanya akan menampilkan informasi dari apa yang Anda cari dari DuckDuckGo tanpa menyimpan apapun dari apa yang Anda cari baik itu keyword pencarian sampai dengan hasil yang dicari. [BAM]