Samsung Galaxy Note 10.1

02 Aug 2012 20:00 | Hits: 12552

Lebih Dekat dengan Fitur-Fitur Baru Smartphone Tablet Samsung Galaxy Note 10.1

Lebih Dekat dengan Fitur-Fitur Baru Smartphone Tablet Samsung Galaxy Note 10.1

Samsung dapat dikatakan adalah vendor yang rajin untuk memproduksi tablet selama ini. Vendor satu ini dapat dikatakan cukup berhasil menciptakan tren tablet di sluruh dunia. Setelah mendapatkan banyak pujian dengan melahirkan seri perangkat gabungan telepon selular dan tablet Samsung Galaxy Note. Sekarang saat belum habis kesuksesan yang diraih Samsung Galaxy Note pendahulunya kini hadir generasi penerusnya yaitu Samsung Galaxy Note 10.1, sebelumnya Paseban pernah membahas spesifikasinya di sini.

Smartphone dengan konsep Tablet ini dilengkapi dengan pen-stylus S Pen Stylus sebagai alat perintah inputnya. Sangat cocok bagi Anda yang memang berkecimpung di dunia desain grafis. Samsung Galaxy Note 10.1 menggunakan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich yang memberikan Anda akses langsung ke situs Play Store untuk mengunduh aplikasi gratis maupun berbayar untuk mendapatkan semua aplikasi yang Anda butuhkan agar tablet ini dapat sesuai dengan kebutuhan Anda. Kelebihan fitur platform Android terbaru Ice Cream Sandwich tersebut diantaranya fitur Face Unlock, fitur yang menekankan tap kamera ponsel sehingga pengguna dapat log in dengan hanya melihat handset. Masih banyak lagi fitur yang bias anda dapatkan di Play Store tersebut. System operasi Ice Cream Sandwich ini pun dapat memiliki koneksi web browser Chrome di komputer Anda yaitu membuat bookmark yang dapat disinkronisasikan antara ponsel dan komputer, sehingga dapat memudahkan Anda untuk beralih dari komputer, ponsel atau komputer tablet dengan lebih praktis.

Samsung Galaxy Note 10.1 ini ditunjang dengan dukungan kekuatan prosesor Dual-Qore 1.4Ghz dan RAM sebesar 1GB dan memiliki layar touchscreen PLS TFT dengan ukuran 10 inci. Layar lebar tersebut juga akan didukung dengan kualitas resolusi layar sebesar 800x1280 pixels. Dengan spesifikasi tersebut maka mengolah dan membuat data grafis secara maksimal.

Seperti yang telah disebutkan tadi tablet ini akan menggunakan S Pen Stylus sebagai alat utama dalam beraktivitas dengan Samsung Galaxy Note 10.1. Teknologi S Pen Stylus ini memberikan Anda akurasi yang baik saat bekerja menggunakan aplikasi grafis seperti Adobe Photoshop Touch, Zen Brush dan Hello Crayon sehingga memberikan hasil yang lebih optimal. Sayangnya yang mungkin menjadi kekurangan dari tablet ini adalah Samsung Galaxy Note 10.1 tidak memiliki slot untuk menyimpan dan memasukkan stylus pada body, kekurangan yang banyak menjadi kritik pada tablet dengan perangkat tablet menggunakan stylus tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Samsung memiliki alasan tersendiri dengan bentuk dari tubuh Samsung Galaxy Note 10.1. Tetapi di luar hal tadi S Pen Stylus cukup mudah digunakan dengan ketepatan yang stabil dalam mengambil garis dalam menggambar, serta variasi ketebalan garis yang dapat dengan mudah tercapai dengan sedikit memberikan penekanan pada layar. Bias dibayangkan bila gadget ini berada di tangan yang tepat maka gambar-gambar yang dihasilkan akan jauh lebih baik.

Untuk urusan "fotografi” Samsung Galaxy Note 10.1 dilengkapi dual kamera dengan resolusi kamera belakang 3 megapixel dan untuk kamera depan memiliki resolusi 2 megapixel. Memiliki kemampuan merekam video HD 1080p yang akan memainkan koleksi video high definition Anda berjalan dengan mulus. Selain itu menjadikan Note cukup bisa diandalkan untuk memainkan beberapa game dengan grafis "berat” walaupun tablet ini lebih dispesialisasikan untuk tablet desain.

Untuk koneksi internet tablet yang memiliki dimensi 256.7x175.3x8.9 mm dan berat 583 gram ini didukung dengan jaringan HSDPA dan HSUPA agar dapat terkoneksi dengan dunia maya dimanapun dan kapanpun Anda berada. Samsung sendiri menyatakan akan hadir dua tipe dari Samsung Galaxy Note 10.1 yaitu yang memiliki akses Wi-Fi saja dan yang 3G. Seperti kebanyakan tablet lainnya, Samsung Galaxy Note 10.1 dilengkapi Bluetooth 3.0, GPS, pilihan memori internal dari 16/32/64GB (tentunya masing-masing ukuran akan memiliki harga akan berbeda), slot microSD sampai 32GB dan kapasitas Li-Ion 7000mAh.

Kini sudah saatnya kita bicara soal harga, dengan berbagai kelebihan yang akan didapatkan dari tablet Samsung Galaxy Note 10.1 ini, berapa kira-kira harga yang akan dipatok oleh Samsung mengingat tablet ini masih menggunakan chip dual-qore 1.4 Ghz. Tetapi adalah hal yang wajar dengan kapasitas dan kemampuan yang ditawarkan tablet ini bila harga yang muncul akan cukup tinggi. Bila Anda adalah salah satu dari orang-orang kreatif seperti seniman, desainer, atau hanya ingin bersenang-senang dengan gadget canggih maka Anda adalah orang memang cocok menggunakan gadget ini untuk menunjang setiap kegiatan Anda. Diperkirakan harga tablet ini akan berkisar di atas Rp 6.000.000,-. Kita tunggu saja informasi terbaru dari Samsung di penghujung tahun ini. [RR]