Cara Menginstal Winamp

02 Aug 2012 15:00 | Hits: 10397

Langkah-Langkah Cara Menginstal Winamp

Langkah-Langkah Cara Menginstal Winamp

Winamp pertama kali diterbitkan pada tahun 1996 di mana juga sebagai masa awal dari MP3. Semenjak itu Winamp menjadi media player kedua yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dalam perkembangannya, Winamp saat ini tidak hanya dapat digunakan untuk memutar musik dengan format MP3 saja, Winamp saat ini telah ditambahkan fungsinya untuk memutar video. Meskipun Anda pengguna loyal dari media player lainnya, mungkin Anda ingin menginstal Winamp sebagai media player alternatif kedua Anda. Maka dari itu, Paseban akan mengulas tentang bagaimana cara menginstal Winamp pada komputer atau laptop Anda. Cara menginstal Winamp ini tergolong sangatlah mudah, bahkan seorang gaptek pun bisa melakukannya. Untuk mengetahui bagaimana langkah-langkahnya, simak ulasan berikut ini.

Instruksi Instalasi

  1. Unduh file installer Winamp dari website resmi Winamp di sini dan klik tombol Free Download pada halaman utama website tersebut dan ikuti instruksinya. Simpan file instalasi dari Winamp tersebut pada desktop Anda untuk memudahkan dalam mencari file hasil unduhan.

  2. Pergi ke desktop di mana Anda menyimpan file instalasi dari Winamp tersebut lalu double click pada file instalasi Winamp tadi. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah read and agree pada lisensi Winamp yang terdapat pada instalasi tersebut.

  3. Putuskan komponen Winamp apa saja yang ingin Anda install. Pada tampilan layar berikutnya Anda dapat memilih ‘Standart’ untuk instalasi penuh atas Winamp, ‘Light’ untuk versi space-saving, ‘Minimal’ untuk versi dasar atau ‘Custom’ yang memungkinkan Anda untuk memilih pengaturan yang Anda inginkan.

  4. Pilih file mana yang Anda inginkan untuk berasosiasi dengan Winamp. Pada tampilan jendela berikutnya Anda dapat memilih jenis file apa saja yang bisa dijalankan oleh Winamp sebagai media player default-nya. Hal ini yang berarti ketika Anda menjalankan file tertentu, maka Winamp akan terbuka secara otomatis. Dan Anda juga bisa uncheck file-file tertentu yang tidak ingin Anda buka melalui Winamp.

  5. Masukkan informasi tentang jenis koneksi internet yang Anda gunakan kepada Winamp. Winamp menggunakan koneksi internet untuk mendapatkan informasi tentang lagu yang Anda masukkan yang mana jika sebagian lagu yang Anda masukkan tidak memiliki informasi yang lengkap. Namun jika Anda tidak menginginkan untuk menggunakan koneksi internet untuk Winamp, maka Anda bisa klik menu Disable pada menu pengaturan koneksi internet.

  6. Pilih Skin untuk tampilan Winamp Anda. Skin ini akan merubah tampilan dari Winamp. Winamp hadir dalam beragam skin yang beragam dan juga tombol yang berbeda. Jika Anda merasa bosan dengan skin yang disediakan, maka Anda bisa mengunduh skin lainnya dengan cara menuju ke menu Options > Skin > Get more skins.

  7. Untuk menambahkan lagunya sendiri, Anda bisa klik menu File lalu pilih menu Add Media to Library. Lalu arahkan ke tempat di mana Anda menyimpan lagu Anda.

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara menginstal dan menambahkan lagu serta memutar lagu pada Winamp, Anda juga bisa menangkap siaran radio dari Winamp Anda atau stream stasiun radio melalui aplikasi Winamp. Untuk mendengarkan radio pada Winamp, Anda membutuhkan file playlist (PLS) untuk menghubungkan Anda dengan stasiun radio Anda. Untuk mengetahui bagaimana cara menyambungkan Winamp Anda dengan radio, bisa Anda ikuti pada ulasan di bawah ini.

  1. Buka web browser Anda, dan pergi ke alamat ini.

  2. Masukkan nama stasiun radio yang Anda inginkan atau masukkan genre-nya ke kolom ‘Search For’ pada bagian halaman paling atas. Klik ‘Go’ dan daftar dari stasiun radio tersebut akan muncul.

  3. Klik tombol ‘Tune In’ pada bagian kiri navigasi untuk stasiun radio pilihan Anda. Lalu kotak dialog File Download akan terbuka.

  4. Klik ‘Save’ untuk menyimpan file PLS ke dalam komputer Anda.

  5. Untuk membuka file PLS yang berhasil Anda unduh tadi, klik kanan pada file PLS, klik ‘Open With’ lalu arahkan ke Winamp. Maka seketika file PLS yang berupa stasiun radio tadi akan terbuka pada Winamp, dan Anda bisa streaming radio menggunakan Winamp Anda via internet.

[PY]