cara menggunakan BBM

20 Jun 2013 12:00 | Hits: 2337

Tips Cara Menggunakan BBM yang Lebih Efektif Pada Blackberry z10

Tips Cara Menggunakan BBM yang Lebih Efektif Pada Blackberry z10

RIM terus mengembangkan blackberry agar mampu bertahan bahkan bersaing di pasar gadget dunia. Setelah meluncurkan produk andalan blackberry Z10, RIM berusaha mengembangkan berbagai fitur yang terdapat di sistem operasi terbaru mereka Blackberry 10.  Salah satu yang terus dikembangkan ialah fitur BBM. Seperti yang diketahui, smartphone asal Kanda ini memiliki satu fitur perpesanan yang cukup digemari banyak orang. Pada produk terbaru Blackberry, fitur BBM telah mendapat sentuhan agar cara menggunakan BBM lebih optimal.

Blackberry Messenger atau BBM ialah fitur sistem perpesanan instan yang disediakan RIM untuk perangkat blackberry. Cara menggunakan BBM adalah dengan menggunakan PIN eksklusif yang hanya dimiliki blackberry sebagai penghubung antar perangkat blackberry. Kini semakin bermunculan aplikasi chating lintas platform yang mulai menggerus kedigdayaan BBM. Oleh karena itu, Anda akan menemukan cara menggunakan BBM yang berbeda di perangkat blackberry z10.

Bagi Anda yang terbiasa dengan fitur BBM pada gadget blackberry lawas, mungkin Anda akan sedikit terkejut kala menggunakan BBM di gadget Z10. Fitur BBM pada blackberry Z10 memiliki perbedaan pada perangkat blackberry sebelumnya. Seperti yang tertera diatas, RIM terus mengembangkan fitur BBM. Berikut cara menggunakan fitur BBM agar lebih optimal pada berbagai perangkat terbaru Blackberry.

  1. BBM Instant Action

Saat tengah asyik menggunakan BBM, anda bisa mencoba fitur BBM Instant Action. Cara menggunakan BBM ini, memungkinkan Anda chat dengan cepat di daftar kontak.

Anda dapat menggunakan fitur ini denga cara masuk ke layar home. Kemudian, ketik “BBM” diikuti dengan nama kontak BBM yang ingin Anda ajak berchating ria. Kemudian tap nama kontak yang telah muncul. Anda akan langsung dibawa ke dalam BBM chat window. Anda pun sudah bisa ngobrol dengan teman Anda.

Jika Anda menggunakan BlackBerry Z10 dengan sistem operasi BlackBerry 10.1, Anda masih dapat menggunakan fitur Instant Action. Cukup tekan ikon pencarian di bagian bawah layar awal, diikuti dengan mengetikkan kata bbm lalu diikuti nama kontak.

Fitur ini juga berlaku untuk navigasi lain. Anda dapat mengupdate facebook atau twitter hingga menelpon, mengirim email atau SMS. Fitur ini diharapkan memudahkan Anda dalam bernavigasi secara cepat.

  1. Memilih List atau Grid

Jika Anda perhatikan, tampilan default kontak BBM pada perangkat blackberry Z10 ditampilkan secara layout. Satu hal yang cukup menarik dalam cara menggunakan BBM di gadget terbaru ini ialah Anda dapat mengatur tata letak daftar kontak BBM. Anda dapat merubah tampilan daftar konatk BBM menjadi tampilan list atau tampilan daftar biasa. Untunglah biarpun dirubah dengan tampilan apappun, daftar kontak BBM pada perangkat blackberry z10 tetap menarik.

Untuk merubah tampilan daftar kontak BBM, Anda masuk dulu ke fitur BBM. Setelah itu Swipe-down layar dari atas ke bawah. Kemudian, tap ”setting” dan Anda dibawa memasuki menu Contact Layout dengan dua pilihan grid dan list. Kini Anda tinggal tap pilihan tersebut sesuai keinginan Anda.

  1. Foto resolusi tinggi

BBM memang masih menjadi raja untuk masalah sistem perpesanan di Indonesia. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan, BBM menjadi alat komunikasi yang menjadi andalan beberapa perusahaan. Selain untuk chating, BBM bisa juga digunakan untuk berbagi gambar, foto hingga video.  Cara menggunakan BBM berikut akan makin memaksimalkan fitur BBM Anda.

Kini Anda tidak hanya sekadar bisa berbagi gambar saja di BBM. Jika suatu saat Anda mendapat kiriman gambar atau foto yang menarik,  kini Anda dapat meminta image asli dari foto atau gambar yang dikirimkan melalui BBM. Terkadang gambar yang dikirim pada BBM telah melalui proses compres sehingga bisa dikirim. Anda cukup tab dan menaham pada thumbnails foto yang dikirim ke BBM Anda. setelah itu akan muncul menu disisi kanan layar, pilih HQ (high quality) dari menu. Jika teman BBM Anda setuju, maka foto yang dikirim pada BBM akan terkirim ulang dengan kualitas resolusi aslinya. Dibutuhkan koneksi data yang lebih besar saat mengirim gambar dengan resolusi asli pada BBM.

  1.  BBM Music Updates

Cara menggunakan BBM berikutnya cukup menarik. RIM benar – benar ingin memperkokoh posisi BBM di deretan fitur terbaik blackberry. Kini saat Anda menggunakan BBM, Anda bisa juga menunjukkan pada kawan tentang music yang tengah Anda dengar. Untuk pengaturannya, Anda masuk ke menu pengaturan di BBM blackberry z10 kemudian pilih on pada Show What I’m Listening To.

  1. Link Contacts

Satu tips menarik lainnya cara menggunakan BBM ialah fitur kontak BBMnya. Jika Anda memiliki satu kontak dengan 2 nama berbeda. Fitur BBM pada sistem operasi blackberry 10 akan otomatis menyatukannya menjadi satu. Namun, terdapat beberapa kontak yang tidak bisa disatukan secara otomatis. Anda dapat melakukannya secara manual.

Buka daftar kontak. Kemudian tap dan tahan 1 nama yang ingin Anda satukan. Kemudian tap “select more” lalu tap nama lain yang ingin disatukan. Terakhir tap “link contacts” pada menu.

Cara menggunakan BBM diatas bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan kinerja fitur BBM. Apalagi RIM terus mengembangkan BBM pada sistem operasi blackberry terbaru ini. [ARS]