Cara Ganti PIN BB

18 Jun 2013 23:30 | Hits: 52803

Ini Dia Tiga Cara Ganti PIN BB yang Bisa Jadi Alternatif

Ini Dia Tiga Cara Ganti PIN BB yang Bisa Jadi Alternatif

BlackBerry messenger merupakan fitur yang menjadi nilai jual utama smartphone dari Kanada ini. Pin yang dimiliki oleh BlackBerry merupakan identitas Anda ketika berkomunikasi sesama pengguna, jadi dapat dibayangkan betapa pentingnya PIN bagi seorang pemegang BlackBerry. Bagi yang memanfaatkan BlackBerry untuk keperluan bisnis atau untuk berkomunikasi dengan jaringan Anda yang luas, pastinya Anda tidak ingin koneksi Anda kehilangan kontak. Namun, bagaimana jika BlackBerry Anda tiba-tiba hilang? Tentu saja Anda terpaksa membeli BlackBerry baru, bagaimana dengan PIN-nya? Apakah Anda harus mempublikasikan kembali PIN baru tersebut? Tentu saja tidak. Berikut ini adalah cara ganti PIN BB yang dapat Anda terapkan.

Untuk cara ganti PIN BB, Anda dapat menggunakan salah satu dari tiga pilihan. Ketiga pilihan tersebut adalah menggunakan media Radio Lab Tool, BlackBerry Manager, dan BlackBerry Internet Service. Pilihlah media yang paling mudah dan sederhana menurut Anda.

Radio Lab Tool

Pertama-tama pastikan BlackBerry Anda sedang berada pada kondisi bootloader. Setelah itu, download aplikasi Radio Lab Tool dan jalankan aplikasi tersebut. Radio Lab Tool merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat memediasi cara ini. Selain itu, aplikasi Radio Lab Tool dapat digunakan untuk mengubah IMEI serta mengatur dan menguji sinyal gelombang radio pada BlackBerry. Radio Lab Tool sangat berguna bagi Anda yang merupakan seorang teknisi atau seseorang yang suka mengutak-atik BlackBerry.

Setelah Anda mendownload aplikasi Radio Lab Tool ke PC dan menjalankannya, selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengoneksikan BlackBerry Anda ke PC. Terdapat tombol bergambar PC warna biru di sudut kiri atas layar, klik tombol tersebut untuk menghubungkan BlackBerry dengan PC. Setelah itu, pilihlan pilihan Available Views kemudian klik ID. Masukan PIN dan IMEI sesuai dengan keinginan Anda ke dalam kolom yang tersedia. Khusus untuk kolom BSN, Anda tidak perlu mengutak-atik kolom tersebut. Setelah Anda memasukkan PIN dan IMEI, tekan tombol Write. Setelah itu, Anda dapat mem-flash OS Anda menggunakan Desktop Manager.

Setelah Anda menyelesaikan semua langkah di atas, tekan tombol disconnect. Untuk memastikan apakah PIN dan IMEI Anda telah berhasil diubah tekan kembali tombol Connect dan pilih tab Read. Pada tab tersebut akan ditampilkan PIN dan IMEI yang sedang aktif.

BlackBerry Manager

Selain menggunakan Radio Lab Tool, aplikasi lain yang dapat Anda gunakan pada cara ganti PIN BB adalah BlackBerry Manager. Pastikan Anda telah menginstal BlackBerry Manager, jika belum terlebih dahulu instal versi terbaru aplikasi ini atau gunakan CD bawaan yang Anda peroleh ketika membeli BlackBerry Anda kemudian instal .net Framework 2.0 dan BlackBerry OS. Pilihlah BlackBerry OS/flashfile yang sesuai dengan tipe BlackBerry yang Anda gunakan. Setelah itu Anda harus mendownload dan menginstal software MFI MultiLoader untuk membuka kunci RIM – MML. Semua part software MultiLoader harus Anda unzip ke c:\MML.

Setelah semua persiapan tersebut telah selesai Anda lakukan, selanjutnya dengan menggunakan BlackkBerry Manager adalah sambungkan BlackBerry Anda dengan PC, jangan lupa untuk mematikan koneksi internet. Setelah itu, pada BlackBerry Anda akan muncul teks “erasing information…” Pada saat teks tersebut muncul, aktifkan MML dan tunggu sampai prosesnya selesai. Dengan demikian, BlackBerry Anda akan ter-restore secara otomatos. Jika prosesnya gagal dan terjadi hang, Anda harus meng-upgrade dengan menggunakan Desktop Manager BlackBerry. Setelah prosesnya selesai, masukkan PIN yang tertera di kotak produk. Jangan sekali-kali Anda menggunakan PIN hack karena ada kemungkinan BlackBerry Anda tidak dapat digunakan.

BlackBerry Internet Service

Jika Anda memilih melalui BlackBerry Internet Service, pertama-tama login ke BlackBerry Internet Service melalui browser. Setelah account Anda terbuka, pilih sub menu Change Device pada menu Setting. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan PIN dan IMEI yang baru dan tekan tombol Save.

Cara melalui BlackBerry Internet Service sangatlah sederhana. Untuk mengecek apakah PIN Anda telah berhasil diubah, disconnect dan connect kembali. Pilihlah opsi read untuk mengetahu PIN dan IMEI yang aktif.