Tablet 7 Inch Terbaik

18 Jun 2013 22:00 | Hits: 3198

Daftar Tablet 7 Inch Terbaik Pilihan dengan Fitur Menggiurkan

Daftar Tablet 7 Inch Terbaik Pilihan dengan Fitur Menggiurkan

Pada beberapa waktu yang lampau ketika kemunculan tablet pertama kali, kita sedikit diperas dengan harga yang ditawarkan. Namun dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, saat ini telah muncul beberapa tablet berukuran 7 inci yang menawarkan harga yang cukup murah namun dengan fitur yang tidak terbantahkan. Salah satu pelopor dari perangkat murah berkualitas ini adalah Barnes & Noble dengan produknya Nook Color, dan tren ini kian menyebar ke pabrikan lainnya. Mengingat banyaknya perangkat yang berada di pasaran, berikut Paseban rangkum daftat tablet 7 inch terbaik pilihan yang bisa Anda dapatkan di pasaran.           

Kobo Arc

Kali ini pabrika Kobo berhasil meluncurkan produk tablet 7 inch terbaik yang bisa dibilang tidak mengecewakan. Banyak dari pengguna di luar sana yang dikejutkan oleh Kobo Arc yang merupakan salah satu produk unggulanya. Kobo memberikan desain yang ringan, tampilan yang baik, kinerja yang cepat dan akses ke Play Store. Belum lagi ketika Anda mengintip ke dalam tampilan antar muka yang akan memanjakan mata para pengguna dari perangkat ini.

Konsep tampilan antar muka dari perangkat ini mengadopsi tampilan latar belakang dari aplikasi Pinterest. Perangkat ini sendiri dibekali dengan dapur pacu berupa prosesor dual-core TI OMAP 4470 yang memiliki kecepatan sebesar 1.5 GHz dan RAM sebesar 1GB untuk membantu kinerja dari sistem operasi Android 4.0. Di balik segala kemewahannya, masih ada beberapa kekurangan yang bisa Anda temukan di dalam perangkat ini seperti tidak ada Bluetooth, tidak ada slot microSD dan kemungkinan tidak akan mampu melakukan upgrade ke versi Android selanjutnya.  

iPad Mini

iPad Mini merupakan salah satu tablet murah yang diluncurkan oleh Apple ke pasaran guna menarik perhatian para pengguna yang berduyun-duyun menggunakan tablet Android. Tampilan dari iPad Mini ini sendiri layaknya tampilan pada iPad regular namun seperti mengalami penyusutan. Jika Anda menyukai iOS namun tidak dengan ukuran yang dibawa iPad, maka Anda bisa menggunakan iPad Mini ini sebagai alternatif lainnya.

Mini masih menjadi saudara iPad dari segala sisi namun dibungkus dengan bobot yang ringan dan desain yang lebih kompak dan kompatibel dengan lebih dari 300.000 aplikasi. Namun, banyak konsumen menolak pada layar 7,9 inci-nya yang hanya memiliki resolusi sebesar 1024 x 768 pixel yang tidak setara dengan layar Retina. Dan banyak yang berharap bahwa Apple diharapkan akan menanamkan layar Retina pada perangkatnya satu ini kedepannya. Seperti layaknya saudaranya yang memiliki ukuran yang besar, maka iPad Mini ini juga tidak memiliki slot kartu microSD.

Kindle Fire HD

Amazon mengikuti jejak Barnes & Noble dan telah menciptakan tablet Android murah dengan fitur unggulan yang dipasangkan pada perangkat ini dengan masih memasang titik harga rendah. Tapi ketika perusahaan menciptakan Kindle Fire generasi kedua, Kindle Fire HD, maka perusahaan meningkatkan kualitas perangkatnya dan menawarkan beberapa fitur  tambahan seperti kamera depan dan konektivitas Bluetooth. Meskipun memiliki kinerja yang cukup membaik, Kindle Fire HD tetap bukanlah tablet 7 inch terbaik yang bisa didapatkan, karena Anda tidak mendapatkan konten Android secara penuh namun Anda akan dialihkan kepada konten dari Amazon itu sendiri dan Anda akan berurusan dengan banyak iklan dengan perangkat ini.

Nexus 7

Ketika menginjak usia satu tahun, kebanyakan perangkat Android sudah mendapatkan cap perangkat yang sudah tidak bisa lagi dikomparasikan dengan perangkat lainnya pada saat ini. Namun tidak dengan Nexus 7, tablet ini mampu mempertahankan gelarnya sebagai ‘affordable tablet’ di pasaran. Ini dikarenakan Nexus 7 merupakan perangkat murni dari Google yang mana itu berarti akan terus mendapatkan update software terbaru sampai perangkat keras dari perangkat ini sudah tidak mampu lagi menerima software update dari Google lagi.

Prosesor Quad core Nvidia Tegra 3 yang ditanamkan di dalam perangkat ini sepertinya akan terus menawarkan performa yang luar biasa selama beberapa tahun kedepan. Memang jika ditilik dari desainnya, perangkat ini tidak memiliki cita rasa premium namun resolusi layar IPS sebesar 1280 x 800 piksel akan membuat Anda berpikiran lain. Dengan harga yang dibanderolnya, mungkin wajar jika perangkat ini tidak mendapatkan tempat kartu memori slot microSD dan kamera utam yang disematkan di bagian belakang tablet ini.

Nook HD

Sebagai pelopor tablet berukuran 7 inci dengan harga murah namun dengan kualitas tak terbantah, maka tak mengherankan bahwa Barnes & Noble terus-menerus mampu menciptakan perangkat yang seimbang antara desain, fitur dan nilai yang dapat melayani semua kebutuhan pengguna. Bagi para pengguna yang lebih condong kepada e-book reader, maka Nook HD  merupakan perangkat yang sesuai dengan penggunaannya. Di sisi hardware, perangkat ini memiliki desain yang nyaman dan menarik, layar resolusi tinggi yang indah dan kinerja cepat. Tampilan antar muka pada perangkat ini juga sangat mudah dikendalikan, dan bahkan saat ini Nook memiliki akses ke semua aplikasi di Google Play Store.