Provider Internet Terbaik

03 Aug 2012 11:30 | Hits: 8338

Cara Mencari Provider Internet Terbaik untuk Koneksi Internet Rumah

Cara Mencari Provider Internet Terbaik untuk Koneksi Internet Rumah

Dewasa ini, komputer tanpa kehadiran akses internet bagaikan mobil tanpa ban –hal ini bekerja, namun tidak dapat mengantarkan Anda menuju kegiatan yang lebih jauh lagi. Untuk mendapatkan akses internet, Anda membutuhkan provider internet terbaik untuk koneksi Anda. Di mana ada dua pilihan umum, yakni dial-up service yang memberikan Anda harga murah namun koneksi yang biasa atau bisa dibilang lambat, dan broadband service yang mana memiliki harga yang lebih mahal namun koneksi pun sepadan dengan harga yang harus Anda bayar.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan provider internet terbaik untuk penggunaan internet di rumah, simak ulasannya berikut ini:

  1. Tentukan apa yang dibutuhkan. Apakah kebutuhan dalam mengakses internet hanya untuk mengirim dan menerima email dan sesekali surfing sebuah website? Jika demikian, maka Anda bisa menggunakan akun internet dial-up yang memiliki biaya internet lebih murah. Atau jika penggunaan internet Anda akan digunakan untuk mengunduh file sejenis musik dan video, atau bermain game online, maka Anda membutuhkan koneksi broadband yang cepat seperti DSL atau kabel, maka tanyakan kepada kolega atau teman Anda jenis koneksi apa yang sedang mereka gunakan dan cobalah koneksi dari provider yang teman Anda gunakan tersebut. Apabila dirasa cocok, maka Anda bisa menggunakan internet provider yang sama dengan yang teman Anda gunakan.

  2. Cari tahu apa yang komputer Anda butuhkan untuk terhubung ke internet. Untuk dial-up, Anda membutuhkan modem. Sedangkan untuk akses broadband service, Anda membutuhkan Network Internet Card atau NIC atau terkadang disebut dengan Ethernet connection.

  3. Pengguna koneksi dial-up harus memastikan memiliki ISP local acces number atau nomor telepon, namun penggunaan dial-up kini telah digantikan dengan modem yang berbentuk USB Drive karena dianggap lebih mobile dan fleksibel. Dan untuk memilih koneksi dial-up, Anda sebaiknya membandingkan terlebih dahulu koneksi dan harga dari penyedia layanan internet tersebut. Atau Anda bisa berkonsultasi terhadap para pengguna yang telah menggunakan beberapa provider yang menyediakan akses internet untuk para penggunanya. Dan pilihlah salah satu dari yang terbaik menurut Anda. Atau Anda bisa membuka halaman dari masing-masing penyedia layanan internet dan Anda bisa membandingkannya.

  4. Tanyakan kepada layanan broadband, fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan ketika Anda berlangganan layanan internet dari provider tersebut, sistem pembayaran dan persyaratan minimum yang harus dilengkapi sebelum berlangganan internet dari pihak provider. Ada provider di tanah air yang menyediakan fitur saluran TV kabel yang juga merupakan satu paket untuk data internet dalam penggunaannya.

  5. Putuskan untuk memilih broadband yang lain. Cobalah broadband satelit jika Anda tinggal di daerah pedesaan yang kritis akan sinyal. Beberapa orang yang tinggal di daerah pedesaan mendapatkan koneksi internet terbaik dari fixed wireless ISP, yang mana menggunakan antena pada atap rumahnya untuk mengirim dan menerima lalu lintas internet melalui gelombang radio. Beberapa development rumah saat ini juga telah menerapkan rumah yang memiliki fiber-optic bulit-in untuk akses internet yang cepat.

  6. Sebelum memasang akses internet pada rumah Anda ada baiknya untuk menanyakan apakah pemasangan atau instalasi ISP membutuhkan biaya tambahan agar Anda bisa mengatur jumlah pengeluaran pada saat Anda melakuakn pemasangan internet di rumah Anda.

  7. Tentukan pula apakah Anda perlu membeli layanan untuk jangka waktu tertentu atau jika Anda ingin, Anda bisa menggunakan layanan bulanan yang notabene memiliki harga yang sama.

  8. Dan terakhir tanyakan berapa pengguna yang memiliki rasio ke modem secara langsung. Dengan kata lain ada berapa pengguna yang menggunakan modem server secara langsung. Apabila trafik pengguna dalam modem server terlalu banyak, maka dimungkinkan trafik internet Anda akan berjalan lambat.

[PY]