Memory Card Terkunci

01 Aug 2012 13:00 | Hits: 38634

Cara Mengatasi Memory Card Terkunci pada Ponsel Anda

Cara Mengatasi Memory Card Terkunci pada Ponsel Anda

Jika Anda memiliki ponsel Nokia entah itu versi S60, S40 atau yang lainnya, dan Anda terkadang melindungi memory card Anda dengan password agar memory card terkunci dan dengan maksud mengamankan file-file penting Anda yang terkandung di dalamnya. Namun jika Anda lupa akan password yang Anda masukkan atau Anda terapkan pada memory card Anda karena Anda sudah lama memasukkan password pada memory card Anda, maka hal ini akan menjadi masalah besar untuk Anda. Jika satu saat tiba-tiba Anda melakukan restore pada ponsel Anda, setelah itu Anda mendapati bahwa memory card Anda terkunci, dan Anda pun lupa akan password yang Anda bubuhkan pada memory card Anda ditambah lagi banyak file penting yang terdapat pada memory card tersebut, lalu apa yang akan Anda lakukan?

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh. Salah satunya adalah dengan mengetahui cara mengatasi memory card terkunci. Untuk mengetahui bagaimana caranya, simak ulasan berikut ini.

Membuka Memory Card pada Nokia S60 untuk Versi 1st dan 2nd Edition

Jika Anda masih menggunakan ponsel Nokia yang memiliki versi software S60 versi 1st dan 2nd, Anda bisa melakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Unduh dan Install program Fexplorer pada ponsel Anda. Untuk mengunduhnya klik di sini.

  2. Masukkan kartu memori Anda ke dalam ponsel namun jangan langsung mengaksesnya melalui handphone.

  3. Jalankan Fexplorer dan buka path C:\system.

  4. Setalah membuka path tadi, nanti akan ada file yang bernama mmcstore, pindahkan file tersebut ke lokasi lainnya pada ponsel Anda dan rubah nama file ini menjadi filemmcstore.txt

  5. Copy file tersebut (filemmcstore.txt) ke PC Anda dan buka file tersebut pada notepad.

  6. Maka setelah Anda membuka file tersebut pada Notepad, Anda akan menemukan password Anda tercantum pada Notepad.

  7. Gunakan password tertulis pada Notepad tersebut untuk membuka kartu memori Anda.

Membuka Memory Card Pada Nokia S60 3rd Edition

Meskipun tidak ditemukan aplikasi yang dapat membantu untuk membuka masalah memory card yang terkunci pada sistem S60 3rd Edition, namun Anda masih bisa membuka masalah tentang memory card terkunci ini dengan beberapa pengaturan yang terdapat pada ponsel yang kebanyakan dibawa oleh Nokia dengan tipe E-Series. Anda bisa menggunakan remote lock option yang terdapat pada ponsel ini. Untuk menggunakannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Aktifkan remote lock option dengan cara pergi ke Tools> Settings> Security> Phone and SIM> Allow remote lock menu. Password dari memory card Anda akan menjadi remote lock message Anda.

  2. Kirim SMS yang berisi remote lock message yang akan secara otomatis mengganti password pada memory card.

Membuka Memory Card Pada Nokia S40 Edition

Satu-satunya cara untuk membuka memory card Anda yang terkunci pada ponsel S40 adalah dengan cara memasukkan memory card Anda ke dalam ponsel Nokia S60 Edition dengan cara berikut ini.

  1. Masukkan memory card Anda yang terkunci ke ponsel Nokia S60.

  2. Buka menu Option dari memory card Anda. Anda akan melihat beberapa pilihan yang salah satunya adalah format, maka pilih pilihan format. Setelah ada melakukan format pada memry card Anda, maka memory card Anda bisa Anda gunakan kembali. Namun Anda harus rela kehilangan data-data Anda pada memory card Anda.

[PY]