Cara Membuat Presentasi

05 Aug 2012 12:00 | Hits: 8466

Cara Membuat Presentasi yang Atraktif Menggunakan Present.me

Cara Membuat Presentasi yang Atraktif Menggunakan Present.me

Bisa dikatakan cara membuat presentasi dari pertama kali Power Point diluncurkan hingga sekarang tidak ada perubahan yang berarti dan tetap menggunakan metode yang itu-itu saja. Alhasil terkadang membuat kita bosan, belum lagi bahwa kebanyakan para pendidik mengajarkan materinya dengan cara membuat presentasi agar tidak terlalu banyak menggunakan bidang papan pada saat menjelaskan suatu materi, namun hal ini akan membuat bosan para murid jika harus melihat tampilan Power Point yang itu-itu saja.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Paseban memiliki sebuah jalan keluar untuk Anda membuat slide presentasi yang memukau dan atraktif, yakni dengan bantuan sebuah web based presentation yang bernama Present.me. Present.me memberikan Anda cara untuk membuat presentasi yang baru yang dapat menjalin komunikasi antara Anda dan audiens Anda. Present.me memberikan Anda berbagai cara untuk menyajikan materi Anda dan memberikan audiens berkesempatan untuk berinteraksi dengan Anda. Untuk mengetahui lanjutnya bagiaman penggunakan web-based presentation ini, bisa Anda ikuti pada ulasan Paseban berikut ini.

Membuat Presentasi

Ada beragam cara yang diberikan Present.me yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah presentasi yang menarik. Anda dapat memilih slide presentasi dan slide video pada setiap sisinya, atau Anda hanya bisa memilih slide audio saja. Jika Anda ingin menggunakan slide biasa layaknya Power Point, Anda pun memungkinkan untuk hanya memilih slide saja. Ketika Anda mengambil slide Anda, Anda memiliki dua pilihan untuk memilih bentuk dari presentasi Anda. Anda dapat mengupload dokumen dari komputer Anda menggunakan beberapa variasi dari format .docs hingga .pdf. Anda dapat meng-upload hampir semua jenis dokumen kecuali gambar.

Ini memang sedikit mengecewakan, namun semoga saja kedepannya fitur untuk menambahkan gambar pada presentasi ini ditambahkan. Anda juga dapat menghubungkan akun Google Anda dengan Present.me dan memungkinkan Anda untuk mengupload Google Docs dari akun Google Anda. Ini adalah fitur yang baik yang mana saat ini banyak orang yang menggunakan fitur penyimpanan Cloud.

Ketika Anda selesai mengupload slide, maka langkah selanjutnya Anda dapat menambahkan video atau audio pada presentasi Anda. Ketika Anda menyimpan format ini, Anda akan disajikan dengan slide Anda ke kiri dan Anda dapat membaliknya ketika Anda sedang melakukan proses perekaman. Anda pun dapat memotong video maupun audio yang Anda rekam.

Sharing dan Fitur Sosial

Setelah Anda selesai dengan membuat slideshow presentasi Anda, Anda sekarang dapat membagikan presentasi Anda ini secara private ke sebagian teman Anda ataupun secara publik dengan para audiens Anda. Jika Anda ingin membagikan presentasi Anda secara publik, Anda dapat memberikan URL kepada orang yang Anda kehendaki, atau mengirimnya melalui email, atau juga menanamkan URL-nya pada website Anda. Mungkin Anda ingin membagikannya dengan beberapa orang, yang mana Anda dapat membuat presentasi ini menjadi private dan dibutuhkan password untuk membuka presentasi ini.

Tentu saja tidak ada presentasi yang lengkap tanpa beberapa aspek sosial, untuk hal itu, Present.me tidak akan mengecewakan Anda. Setiap tayangan pada slide, Anda memungkinkan untuk melakukan tweet, like, bahkan +1 pada Google+ Anda. Bahkan slide Anda bisa ditandai dengan tanda favorit dari para audiens Anda. Hal ini memberikan Anda pengalaman yang baru dalam membuat sebuah presentasi.

Harga

Present.me menyediakan penggunaan gratis pada saat penggunaan pertama. Dengan akun gratis, Anda akan mendapatkan 3 buah presentasi selama sebulan, yang mana terbatas hanya hingga 15 menit presentasi dan 1 private presentasi setiap bulannya. Dari sana Anda bisa meng-upgrade akun Anda menjadi Plus atau Pro yang memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding dengan akun gratis. Harga untuk akun Plus perbulannya berkisar $ 9 per bulan. Sedangkan untuk Pro mematok harga $ 39 per bulan. Jika Anda tenaga pengajar atau seorang pengusaha, Anda akan mendaptakan harga diskon untuk setiap pembuatan akun berbayar yang Anda buat.

Kesimpulan

Present.me menawarkan Anda cara baru untuk melakukan presentasi terhadap materi atau bahan yang ingin Anda presentasikan. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang berbasis web-based yang mana aplikasi ini juga terintegrasi dengan sistem cloud yang saat ini sedang menjadi primadona dalam penyimpanan data. Jika Anda menginginkan cara lain untuk melakukan presentasi, maka Anda bisa mencoba Present.me di sini. [PY]

Present.me How-To