Membuat WiFi Sendiri

04 Aug 2012 09:00 | Hits: 16940

Bagaimana Cara Membuat WiFi Sendiri Menggunakan Laptop Windows 7 Anda

Bagaimana Cara Membuat WiFi Sendiri Menggunakan Laptop Windows 7 Anda

Mungkin untuk menggunakan WiFi, Anda harus mengunjungi tempat yang mana yang menyediakan koneksi tersebut, seperti di hotel, restauran, mall atau yang lainnya. Dan Anda pun diharuskan berbagi koneksi dengan yang lain yang mana makin banyak yang menggunakan koneksi ini, maka makin melambat pula koneksi yang Anda terima. Menghadapi situasi tersebut, Anda mungkin perlu membuat WiFi sendiri secara cepat sehingga perangkat Anda yang lainnya memungkinkan perangkat nirkabel Anda yang lainnya dapat menggunakan koneksi internet.

Dewasa ini cara membuat WiFi sendiri tidaklah sulit karena telah tersedia sebuah aplikasi yang mana aplikasi ini mampu membuat WiFi menggunakan laptop Anda dengan mudah. Aplikasi ini bernama Connectify yang mana mampu mengubah laptop Windows 7 Anda menjadi sebuah port WiFi yang dapat berbagi koneksi dengan perangkat nirkabel yang lain. Connectify merupakan aplikasi utilitas yang bisa Anda dapatkan secara gratis dan memiliki daya yang ringan dan dapat dengan mudah mengubah laptop Anda menjadi port WiFi pribadi Anda dengan mudah.

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan aplikasi ini, maka Anda bisa mengikuti ulasan Paseban berikut ini.

Note: Conncetify hanya bisa digunkana untuk sistem operasi Windows 7 Home ke atas, dan tidak mendukung untuk Windows 7 Starter.

Instruksi

  • Langkah pertama, Anda harus mengunduh aplikasi ini di: http://www.connectify.me/

  • Lalu arahkan pointer Anda kepada tab download yang berada dibagian atas, dan Anda akan dibawa langsung menuju ke halaman dimana Anda dapat mengunduh aplikasi ini. Terdapat dua pilihan untk mengunduh aplikasi ini, yakni Lite dan Pro. Dimana Lite Anda dapat menggunakannya secara gratis namun tidak dengan fitur yang lengkap dan Pro yang mana Anda akan mendapatkan fitur yang lengkap namun harus membayar untuk mengunduhnya. Klik tombol download dan simpan file aplikasi Anda ke dalam komputer Anda.

  • Setelah Anda mengunduhnya, instal file hasil unduhan Anda tadi.

  • Setelah Anda menginstal file yang Anda unduh tadi, Anda dapat mengakses Connectify pada ikon taskbar di kanan bawah.

  • Jalankan aplikasi tersebut, dan masuk ke dalam jendela Setting. Pada bagian bawah Settings, masukkan nama untuk jaringan WiFi Anda, kata sandi untuk mengaksesnya dan putuskan tipe koneksi internet yang Anda bagikan. Hal ini memungkinkan LAN, VirtualBox Host, Wireless Network Connection dan tidak ada pembagian akses internet. Bila Anda telah siap, maka Anda tinggal klik tombol Start Hotspot.

  • Sekarang Anda dapat melihat bahwa aplikasi ini berjalan dan mulai menghubungkan komputer Anda dengan perangkat nirkabel yang lainnya.

  • Maka Anda telah mendapati Connectify berjalan pada laptop Windows 7 Anda. Untuk memastikannya, Anda bisa mengakftifkan komputer lain atau perangkat lain seperti ponsel di rumah Anda, buka pada bagian menu Wireless Network, maka Anda akan mendapati hot spot yang baru Anda buat.

  • Untuk mengkoneksikan perangkat lain dengan komputer Anda, maka Anda diharuskan untuk memasukkan kata sandi yang telah Anda atur pada saat awal penginstalan. Maka masukkan kata sandi, dan klik tombol Connect, dan tunggu beberapa saat hingga perangkat Anda tersambungkan. Dan jika telah tersambung, maka Anda berhasil membuat hot spot baru Anda sendiri tanpa harus bergantung pada tempat penyedia internet nirkabel yang kebanyakan berada di tempat umum.

  • Jika Anda ingin melakukan beberapa pengaturan yang berbeda, maka Anda bisa klik kanan pada ikon aplikasi ini pada icon tray taskbar di bagian kanan bawah komputer Anda.

  • Untuk mematikan koneksi Anda, Anda hanya tinggal klik tombol Stop Hotspot pada aplikasinya dan Anda bisa menutupnya dengan mengklik tombol exit. Ketika Anda menjalankannya kembali, Anda tak perlu mengaturnya kembali karena pengaturan Anda yang sebelumnya telah tersimpan pada aplikasi ini. Jadi untuk memulainya kembali Anda hanya perlu menekan tombol Start Hotspot.

  • Jika Anda mengalami perlambatan koneksi pada saat Anda menjalankan aplikasi Connectify, sedangkan koneksi yang Anda miliki masih dalam keadaan kuat, maka hal ini disebabkan oleh hardware pada bagian penerimaan dan pengiriman sinyal yang lemah. Karena hardware pun mempengaruhi pengiriman dan penerimaan sinyal terhadap hot spot yang sedang Anda buat. [PY]