Cara Backup ROM Android

17 Jun 2013 20:30 | Hits: 9972

Cara Backup ROM Android Menggunakan Fitur CWM Recovery

Mayoritas pengguna smartphone masih belum mengatahui manfaat dari sebuah fitur penting yang telah ada pada smartphone mereka. Fitur ini tak lain tak bukan adalah fitur backup. Mengapa fitur ini dikatakan sangat penting untuk sebuah smartphone? Karena smartphone rentan terhadap berbagai gangguan, baik disengaja maupun tidak. Fitur ini pastinya sangat diperlukan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk pada ROM dari perangkat kesayangan Anda.

Dalam hal ini, berbagai cara backup ROM Android tentu telah tersedia untuk menanggulangi berbagai permasalahan pada ROM. Android, dengan sifat sistem operasi yang open source, memang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai tweak dan modifikasi untuk mengoptimalkan kinerja perangkat. Tentunya Anda sebagai pengguna Android juga memiliki keinginan untuk meningkatkan performa dari perangkat kesayangan.

Namun, sebagian besar pengguna masih amatir dalam hal tweak ROM, dan pastinya akan menghadapi berbagai kesulitan saat melakukan proses modifikasi. Berbagai petunjuk modifikasi yang berhasil didapat di internet kebanyakan tidak cukup detail, atau tidak dibaca dengan baik dan menyebabkan berbagai akibat negatif. Dalam hal ini, cara backup ROM Android tentu sangat diperlukan, jauh lebih efektif daripada melakukan proses tweak tanpa persiapan yang cukup dan akhirny makin repot setelah petunjuk yang ada gagal untuk diikuti.

Dengan menjalankan cara backup ROM Android berikut ini, Anda akan memiliki solusi untuk menangani berbagai permasalahan yang timbul akibat kesalahan modifikasi. Sangat baik jika Anda menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan ketika menjalankan proses modding, bukan? Jika hasil yang Anda dapatkan berbeda dengan harapan, Anda tinggal melakukan proses restore dari backup yang telah ada, untuk mengembalikan kondisi ponsel kesayangan kembali ke asal.

CWM Recovery merupakan sebuah tool untuk melakukan proses backup pada hp kesayangan Anda. CWM Recovery ini sendiri merupakan sebuah penyempurnaan dari tool recovery standar, dan jika perangkat Anda belum memiliki tool ini Anda dapat dengan mudah mencari tutorial untuk menginstallnya. CWM Recovery banyak dipilih untuk melakukan proses backup karena menawarkan langkah-langkah yang sederhana dalam melakukannya.

Langkah awal untuk menjalankan backup pada ROM OS Android menggunakan CWM Recovery ini tentu mempersiapkan CWM Recovery itu sendiri pada perangkat Anda. Setelah itu Anda dapat mengikuti petunjuk berikut ini.

  1. Pastikan Anda telah memiliki CWM Recovery pada perangkat Anda.
  2. Siapkan kapasitas penyimpanan yang besar. Berbagai cara membutuhkan storage yang tidak sedikit, dan usahakan tetap memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari kapasitas yang diperlukan. Untuk berjaga-jaga, Anda sebaiknya memiliki kapasitas penyimpanan 100 MB lebih banyak dari kapasitas yang diperlukan untuk menyimpan file backup ROM-nya.
  3. Pastikan juga daya pada baterai Anda cukup banyak untuk menjalankan proses ini, karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan pada saat proses dijalankan, Anda tidak dapat mengakses fitur charging.
  4. Masuk ke CWM Recovery. Cara untuk masuk CWM Recovery pada tiap hp berbeda.
  5. Pilih menu Backup and Restore > Backup. Gunakan tombol volume untuk menggerakkan kursornya naik/turun. CWM Recovery dengan versi terdahulu memiliki menu “Nandroid”, dan pilihan Backup and Restore terdapat pada menu Nandroid ini.
  6. Tunggu hingga proses selesai. Hasil dari proses ini akan tertera pada folder /SDCard/clockworkmod/backup/.

Kesimpulan

Melakukan proses backup, terutama untuk Android sangat dibutuhkan untuk menanggulangi berbagai permasalahan modding. Pastikan Anda melakukan proses ini untuk mempermudah pengembalian kondisi smartphone Anda. Selain menjalankan cara ini, isarankan untuk melakukan proses backup untuk berbagai data penting lainnya, misal contact dan kalender. Selamat mencoba, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang diberikan guna menghindari kebingungan dan juga kemungkinan masalah yang mungkin saja terjadi, semoga berhasil.