Cara Downgrade iOS

17 Jun 2013 19:30 | Hits: 2950

Cara Downgrade iOS 7 Beta ke iOS 6

Cara Downgrade iOS 7 Beta ke iOS 6

Apakah Anda merupakan salah satu pengguna ponsel bersistem operasi iOS, iPhone? Jika ya, tentu Anda ingin mengetahui seluk beluk tentang sistem pada ponsel Anda tersebut. Penahkah Anda mencoba pemakaian iOS 7 Beta pada iPhone yang Anda miliki? Meskipun penggunaan OS Apple 7 Beta belum diperuntukkan untuk publik dan masih hanya dipakai oleh para developer, namun ternyata sistem ini bisa bocor dan mengakibatkan OS ini bisa diinstal tanpa harus mempunyai akun iPhone yang telah terdaftar seperti umumnya para pengguna. Sehingga Anda bisa bermain-main merasakan bagaimana rasanya memakai OS Apple Beta yang belum dirilis itu. Akan tetapi jika suatu saat Anda menginginkan kembali memakai iOS 6 yang selama ini Anda gunakan, maka diperlukan adanya proses downgrade pada iPhone Anda agar kembali ke sistem iPhone asal. Ada beberapa langkah cara downgrade iOS yang bisa Anda lakukan agar iPhone Anda kembali ke iOS 6.

Proses melakukan cara downgrade iOS pada iPhone Anda memang harus dilakukan karena sampai saat ini OS Apple 7 Beta masih belum rampung benar sehingga masih dilakukan ujicoba penggunaanya itu sebabnya iOS 7 belum dirilis ke publik sebab masih ada fitur-fitur yang belum selesai untuk dioptimalkan pemakaiannya. Sebenarnya untuk melakukan downgrade ulang tidaklah sulit, akan tetapi sebelum melakukan proses ini ada baiknya Anda memback-up semua data yang ada di smartphone terlebih dahulu, sehingga data-data yang ada tidak hilang karena proses downdgrade. Setelah Anda mem-backup semua data maka Anda bisa mengikuti step- by step  cara downgrade iOS 7 Beta ke iOS 6 yang ada di bawah ini.

Mendownload iOS 6 dan Menjalankan iTunes

Hal pertama kali yang harus dilakukan adalah mendownload iOS 6 Fireware yang terbaru. Anda bisa mendownloadnya di sini untuk iPhone 5 GSM, dan di sini untuk iPhone 5 CDMA. Setelah Anda berhasil mendownloadnya maka Anda bisa menjalankan iTunes dari Dock.

Mengatur DFU Mode

Melakukan setting pada DFU Mode merupakan proses downgrade. Caranya Anda tinggal menekan dan menahan secara bersamaan tombol Home dan tombol Sleep/ Wake. Tahan kedua tombol tersebut selama 10 detik, setelah 10 detik baru Anda lepaskan jari yang menekan tombol Sleep/Wake sedangkan jari yang menekan tombol Home tetap bertahan hingga kemudian muncul sebuah notifikasi yang memberitahukan iPhone berada dalam recovery mode. Setelah muncul notif maka seluruh screen pada iPhone berwarna hitam.

Memilih Nama iPhone

Bacalah pesan pemberitahuan yang berada pada layar “iTunes has detected an iPhone in recovery mode. You must restore this iPhone before it can be used with iTunes” lalu tekan OK. Cara selanjutnya adalah memilih nama iPhone pada daftar perangkat yang sudah disediakan oleh iTunes. Kemudian tekan dan tahan tombol ALT/Option Key (tombol swift pada Windows) kemudian Anda bisa mengklik tombol Restore.

Memilih Firmware

Cara selanjutnya adalah memilih Firmware yang telah muncul pada layar Anda (proses download cara pertama kali) kemudian klik tombol open. Nah pada saat diminta Restore pada layar akan muncul bacaan “iTunes erase and restore your iPhone to iOS 6.1. 3 and will verify the restore with Apple” kemudian klik tombol Restore yang ada di bawah.

Menyelesaikan Downgrade

Cara terakhir adalah membiarkan iTunes menyelesaikan proses hingga selesai. Tunggulah selama 10- 15 menit agar proses berjalan sempurna, setelah selesai maka smartphone Anda akan kembali ke iPhone dengan iOS 6.

Kesimpulan

Cara ini membantu Anda melakukan proses downgrade dari iOS 7 Beta ke iOS 6 dengan mudah sehingga Anda bisa memakai kembali sistem iOS Anda yang lama. Sebab jika Anda tetap berada pada iOS 7 Beta dikhawatirkan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada smartphone Anda mengingat sistem ini belum beroperasi dengan sempurna dan belum dijalankan pada publik. Selamat mencoba.