Tim Berners Lee

22 Jun 2013 17:00 | Hits: 1678

Mengenal Lebih Dekat Penemu WWW - Tim Berners Lee

Mengenal Lebih Dekat Penemu WWW - Tim Berners Lee

Pernahkan dalam benak kita menanyakkan siapakah penemu-penemu teknologi yang kebanyakan kita gunakan sekarang, meskipun jasanya begitu besar bagi kebanyakan orang, namun tidak menjanjikan bahwa dengan temuannya. dia akan di kenang atau di kenal seluruh lapisan masyarakat. Seperti halnya Tim Berners Lee atau Sir Timothy John, bilau adalah salah satu penemu teknologi yang tidak pernah kita sadari menggunakan jasa dari penemuannya yakni Word Wide Web (WWW). Word Wide Web atau WWW adalah sekelompok dokumen-dokumen informasi yang saling berkaitan yang disampaikan dengan menggunakan hiperteks.

Biografi

Tim Berners Lee adalah seorang penemu Word Wide Web (WWW) yang lahir di London, Tanggal 8 Juni 1955, hingga saat ini dengan usia yang ke 56 tahun, Tim Berners Lee menjabat sebagi ketua www Consortium untuk mengatur perkembangan dari Word Wide Web. Beliau lah yang mengembangkan dan menemukan sebuah jaringan global bersifat maya atau disebut juga WWW sebagai media untuk saling bertukar informasi baik berupa dokumen, film, gambar, music dll.

Perjalanan Karir Tim Berners Lee

Sebelum Tim Berners Lee menjadi seorang penemu sekaligus ketua www Consortium, pada tahun 1980an, beliau adalah seorang kontraktor yang tidak berfokus pada satu bidang yakni bebas di CERN(Organisasi Penelitian Nuklir Eropa), pada saat itu Tim Berners Lee mengajukan sebuah proyek di mana proyek tersebut berbasis pada hypertext yang di tujukan sebagai wadah untuk saling bertukar informasi antara para peneliti, karena CERN adalah sebuah institusi multinasional. Konsep yang di tawarkan oleh Tim Berners Lee adalah memfasilitasi para peneliti dari berbagai penjuru dengan saling mengetahui perkembangan atau informasi yang terbaru, sehingga informasi tersebut tidak hanya terbatas dalam satu jaringan CERN saja, dan pada akhirnya Tim Berners Lee dapat menyelesaikan dan menciptakan sistem sesuai dengan konsep yang direncanakan dan diberi nama Enquire (Enquire Within Upon Everything), sampai pada akhirnya sistem yang dikembangkan oleh Lee berkembang secara pesat, seperti perkembangan pada jaringan internet.

Setelah sistem yang dikembangkan oleh Tim Berners Lee berhasil dan berkembang pesat, Lee pun akhirnya memilih untuk berhenti dan meninggalkan CERN pada tahun 1984, kemudian Lee bergabung dengan John Poole’s Image Computer Systems Ltd untuk bekerja. Pada kantor yang baru, Lee juga di posisikan menjadi rekan seorang peneliti, pada saat itu Lee kembali menuangkan sebuah ide yang memiliki konsep seperti Enquire untuk menciptakan Word Wide Web, dengan membangun sebuah browser sekaligus menjadi browser pertama yaitu WordWideWeb dan dikembangkan dibawah naungan NeXTSTEP dengan membangun sebuah server web pertama yang memilki nama httpd. Untuk mengujinya Lee membuat sebuah situs, sekaligus menjadi situ web pertama yang beralamatkan http://info.cern.ch/, pada tanggal 6 Agustus 1991 situs web tersebut pertama kali di luncurkan untuk bisa diakses secara online, setelah itu Lee juga meluncurkan browsernya, namun penemuan dari Lee masih belum begitu banyak orang yang mengetahui dan menggunakan media www tersebut, hingga pada beberapa tahun kemudia ada seseorang yang bernama Marc Andressen meluncurkan sebuah browser Mosaic dan menjadi web browser populer pada tahun tersebut. Sejak Lee mendirikan dan menjadi ketua di W3C atau Word Wide Web Consortium pada Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1994, selain itu Marc juga mendirikan Netscape, pada saat itu pula Internet dan WWW banyak digunakan sehingga berkembang sangat pesat.

Pada tanggal 16 Juli 2004, Tim Berners Lee mendapatkan sebuah penghargaan dari Ratu Elizabeth 2 dengan gelar kehormatan KBE atas semua jasa yang diberikan yakni tidak mematenkan sebuah penemuannya (Word Wide Web) sehingga seluruh masyarakat dapat menggunakan www secara bebas. Untuk saat ini Tim Berners Lee menjabat sebagai direktur pada Word Wide Web Consortium yang memiliki kantor di Massachussets Institute of Technology, di mana W3C adalah sebuah organisasi yang mengembangkan teknologi agar mampu berjalan di berbagai lintas platform, menciptakan perangkat lunak, dll guna dapat memaksimalkan fungsi dari Word Wide Web. W3C organisasi yang memiliki staf sekitar 40 orang dan 400 lebih anggota, anggotanya pun terdiri dari Adobe, Microsoft, Intel, Macromedia, Oracle dan masih banyak yang lainnya. [MER]