Cara Menginstal Flash Player

24 Jul 2012 17:00 | Hits: 4632

Cara Menginstal Flash Player Pada IE untuk Keperluan Browsing

Cara Menginstal Flash Player Pada IE untuk Keperluan Browsing

Adobe flash player adalah komponen yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi flash dari peramban. Banyak pengembang yang menggunakan teknologi flash ketika membuat sebuah situs. Misalnya YouTube yang sebagian besar koleksi videonya masih mengAndalkan flash. Meskipun saat ini sudah secara bertahap digantikan dengan teknologi lain. Saat ini Google masih menguji video yang menggunakan HTML5 di Youtube. Namun sebelum sebagian besar peramban mendukung fitur ini, beberapa aplikasi berbasi web masih akan mengAndalkan flash. Terutama peramban Internet Explorer (IE).

Untuk dukungan HTML5, saat Opera masih merupakan peramban yang paling lengkap dukungannya. Sudah semenjak lama Opera memang dikenal sebagai peramban yang paling awal dalam mendukung standar web terbaru. Jadi wajar saja apabila dukungan HTML5 paling lengkap bisa Anda temukan di Opera. Bukan berarti peramban lain yang belum mendukung fitur tertentu dari HTML5 tidak lebih baik dari Opera. Ini hanya berarti, bahwa pengembang web bisa menguji teknologi web terbaru di Opera bahkan sebelum teknologi ini tersedia luas. Bagi pengguna lain hal ini tidak terlalu penting. Apalagi bagi para pengguna IE yang dikenal tidak terlalu mau repot untuk mengganti ke versi IE yang lebih baru meskipun sudah tersedia.

Perkembangan web begitu cepat yang menuntut para pengembang situs web harus cepat mengadopsi teknik terbaru. Pada saat yang sama mereka juga harus memperhatikan pengunjung yang akan mengakses situs yang mereka kembangkan. Ini termasuk pengguna yang memakai peramban seperti IE. Biar bagaimana pun IE mempunyai jumlah pengguna yang sangat besar. Oleh karena itu meskipun sudah tersedia teknologi baru yang lebih baik dan mudah untuk diaplikasikan, namun teknologi ini tidak akan berjalan dengan baik apabila peramban belum mendukungnya. Untuk itu beberapa pengembang web masih mengandalkan flash untuk multimedia dan aplikasi berbasis web. Karena meskipun peramban yang digunakan oleh pengunjung cukup lawas, namun biasanya mereka bisa menginstal flash player dengan mudah.

Peramban seperti Google Chrome sudah mempunyai flash player pada saat instalasi. Setiap kali ada versi terbaru dari flash player, maka Chrome akan melakukan update secara otomatis. Jadi para pengguna Chrome tidak perlu lagi menginstal flash player add-ons seperti pada peramban lain. Dengan fasilitas auto-update juga akan memudahkan pengguna Chrome, karena mereka tidak perlu lagi repot mengikuti versi terbaru dari flash player. Semuanya sudah ditangani secara otomatis oleh Chrome. Dari 5 peramban paling populer berdasarkan statistik dari statcounter, hanya Chrome yang secara otomatis melakukan update flash player. Jadi bila menggunakan peramban lainnya, Anda perlu untuk menginstal flash player agar bisa menjalankan berbagai aplikasi flash.

Secara garis besar ada 2 versi berbeda dari flash player untuk peramban. Versi pertama adalah flash player yang menggunakan teknologi ActiveX untuk Internet Explorer. Sementara versi kedua digunakan untuk peramban lainnya. Meskipun secara garis besar hanya ada dua versi, namun karena peramban mempunyai sistem add-ons mereka sendiri, maka proses instalasinya akan sedikit berbeda. Berikut ini akan diberikan contoh cara menginstal flash player menggunakan IE. Untuk peramban lain prosesnya kurang lebih sama.

Untuk mempermudah proses instalasi sebaiknya gunakan peramban target ketika menginstal flash player. Sebagai contoh jalankan IE di Windows dan bukan alamat situs ini. Situs Adobe akan secara otomatis mengecek jenis peramban yang Anda gunakan dan mencoba mengecek apakah flash player sudah terinstal apa belum pada peramban tersebut. Jika belum atau versi flash player yang digunakan adalah versi lama, maka situs Adobe akan menyesuaikan versi flash player yang cocok untuk peramban yang Anda gunakan.

Pada halaman yang muncul, hapus tanda centang pada pilihan instalasi selain dari flash player. Misalnya apabila muncul pilihan untuk menginstal Google Toolbar bersamaan dengan flash player yang ingin diinstal. Setelah tanda centang tersebut dihapus, tekan tombol Agree and Install Now. IE akan mengunduh flash player. Tunggu hingga selesai dan IE menampilkan status yang berisi informasi, bahwa situs Adobe ingin menginstal add-ons flash player. Klik status yang baru muncul tersebut dan pilih Install ActiveX Control. Setelah itu akan muncul jendela yang menanyakan apakah Anda ingin menginstal flash player. Tekan tombol Install yang ada di jendela ini. Jika Anda mengikuti cara menginstal flash player seperti yang dijelaskan dari awal, maka setelah berhasil diinstal, situs Adobe akan menampilkan pesan Adobe Flash Player Successfully Installed. [IQ]