Cara Install Microsoft Office 2010

21 Jul 2012 17:00 | Hits: 29360

Cara Install Microsoft Office 2010 dengan Mudah

Office 2010 adalah varian Office yang cukup diminati yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk produk Office mereka. Produk Ms Office 2010 ini merupakan penerus dari versi Ms Office sebelumnya, yaitu Ms Office 2007. Ms Office 2010 membawa beberapa perubahan seperti pada antarmuka yang digunakan. Namun perubahan antarmuka tidak terlalu drastis. Sehingga pengguna Ms Office 2007 tidak akan terlalu kesulitan beradaptasi ketika melakukan upgrade ke Ms Office 2010. Office 2010 adalah aplikasi Office yang terakhir yang akan menggunakan desain antarmuka ribbon.

Karena rencananya aplikasi Office yang akan diluncurkan berdekatan dengan peluncuran Windows RT akan menggunakan desain antarmuka baru, yaitu metro. Karena merupakan bagian dari peluncuran Windows RT yang akan menggunakan antarmuka metro yang sama. Selain perubahan antarmuka, Ms Office 2010 juga membawa dukungan format berkas tambahan seperti ODF yang digunakan oleh aplikasi LibreOffice.

Ms Office 2010 versi trial bisa diunduh dari alamat office.microsoft.com. Dari halaman tersebut cari dan klik tautan Download a free trial of Office 2010. Tautan tersebut akan membawa anda ke halaman pembelian Ms Office. Ada 3 versi dari Ms Office yang bisa dipilih. Mulai dari harga yang paling murah untuk Ms Office Home & Student 2010 hingga yang paling mahal, yaitu Ms Office Professional 2010. Tapi anda bisa mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli. Tepat dibawah tombol Buy Now dari setiap versi Ms Office, terdapat tautan Try free for 60 days. Pilih versi Ms Office yang diinginkan dan klik tautan Try free for 60 days untuk mengunduh aplikasi installer untuk Ms Office yang dipilih.

Versi mana yang paling tepat, tergantung dari kebutuhan anda. Jika memerlukan aplikasi untuk membuat brosur, kalender, dan selebaran lainnya ditambah lagi aplikasi untuk database, maka yang anda perlukan adalah Ms Office Professional 2010. Jika memerlukan aplikasi asisten pribadi dan klien email, maka bisa mengunduh Ms Office Home and Business 2010. Jika hanya ingin membuat dokumen seperti Word, Excel, PowerPoint, dan OneNote, maka yang dibutuhkan adalah Ms Office Home & Student 2010. Untuk mengunduh installer dari Ms Office, anda akan memerlukan Windows Live ID yang bisa diperoleh salah satunya dengan cara membuat akun di live.com.

Setelah login dengan Live ID, anda akan diarahkan ke halaman yang memberikan informasi product key untuk versi trial dari Ms Office. Product key ini terdiri dari 25 karakter acak yang diperlukan untuk mengaktifkan Ms Office trial. Catat product key tersebut dan tekan tombol Download Now. Segera setelah anda menekan tombol tersebut, maka proses pengunduhan akan dimulai. Karena ukuran aplikasi installer dari Ms Office bisa berukuran mendekati 1 GB, maka proses pengunduhan akan membutuhkan waktu beberapa lama. Berapa lama waktu yang diperlukan tergantung dari kecepatan koneksi Internet yang anda miliki.

Setelah selesai mengunduh, cara install Microsoft Office 2010 selanjutnya adalah menjalankan installer dengan mengklik setup.exe. Hal pertama yang muncul ketika menjalankan installer adalah jendela untuk memasukkan product key. Ketikkan product key yang sudah anda catat sebelumnya. Jika ke-25 karakter product key sudah dimasukkan, maka aplikasi installer akan mencoba melakukan validasi product key tersebut melalui Internet. Jika berhasil divalidasi, maka tombol Continue yang ada di jendela yang sama akan berubah warna menjadi biru. Klik tombol tersebut untuk pindah ke jendela selanjutnya, yaitu jendela license agreement.

Anda harus menyetujui perjanjian yang dibuat oleh Microsoft tersebut untuk menginstal Office 2010. Beri tanda centang pada pilihan I accept the terms of this agreement dan klik lagi tombol Continue. Anda bisa mengatur apa saja yang akan diinstal dengan menekan tombol Customize, tapi biar mudah pada jendela selanjutnya tekan saja tombol Install Now. Akan diperlukan beberapa sebelum Ms Office berhasil diinstal sepenuhnya di komputer PC. Tunggu hingga selesai dan tutup jendela installer dengan menekan tombol Close. Setelah semua sudah selesai diinstal, anda akan melihat beberapa aplikasi yang merupakan bagian dari Ms Office di Start menu. Ini sekaligus mengakhiri pembahasan cara install Microsoft Office kali ini, pada nantinya Paseban akan membahas Cara Install Microsoft Office terbaru, yakni 2013. [PN]