Cara Membersihkan Cartridge

13 Jun 2013 23:00 | Hits: 14593

Begini Cara Membersihkan Cartridge Printer yang Benar

Begini Cara Membersihkan Cartridge Printer yang Benar

Keberadaan sebuah printer menjadi hal yang teramat penting untuk Anda yang sering berkutat dengan paper, makalah dan segala dokumen lainnya. Jika Anda mahasiswa, maka pasti keberadaan printer menjadi suatu kebutuhan yang cukup penting. Bahkan mungkin Anda akan rela mengunjungi tempat-tempat printing pada malam hari, yang di kota-kota besar kini memang tersedia 24 jam. Menggunakan jasa tempat printing profesional memang solusi yang baik untuk segala masalah dokumen Anda, namun tentu akan sangat hemat jika kegiatan mencetak ini dilakukan sendiri. Hal yang paling penting jika Anda memiliki printer sendiri adalah merawat cartridge, karena komponen ini merupakan komponen utama pada sebuah printer. Cara membersihkan cartridge pada printer tentu harus Anda pahami agar hasil printing masih seperti yang diharapkan.

Sebuah Komponen Penting Pada Printer

Untuk membersihkan perangkat penting pada printer ini masih harus melihat seberapa penting fungsi dari cartridge itu sendiri. Cartridge merupakan komponen yang istimewa, karena komponen yang satu ini merupakan sebuah salah satu kunci penting dalam proses mediasi cairan tinta kepada sebuah wujud yang dapat dikenali manusia sebagai rangkaian huruf maupun sebuah gambar. Untuk mendapatkan warna yang diinginkan, keberadaan cartridge harus tetap berada pada kondisi optimal. Jika cartridge bermasalah, tentunya hasil cetakan tidak akan sebagus yang Anda harapkan. Terlebih lagi jika tinta pada cartridge Anda kering, pasti hasil cetakan akan jauh lebih buruk lagi.

Tips Membersihkan

Cara pertama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk melakukan proses pembersihan. Bahan-bahan tersebut antara lain tissue serta cairan pembersih cartridge. Cairan pembersih ini dapat diganti dengan air hangat. Siapkan juga sebuah wadah karena cara membersihkan cartridge ini akan melibatkan air hangat yang pastinya membutuhkan sebuah wadah penampung. Air hangat lebih mampu meluruhkan lapisan tinta kering dibandingkan air yang bersuhu dingin/biasa, jadi pastikan air yang Anda gunakan memang memiliki suhu agak tinggi.

Kedua, pastikan keadaan cartridge. Lepaskan dari printer, kemudian usap bagian bawah cartridge yang berfungsi untuk mengeluarkan tinta dengan menggunakan tissue. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah cartridge masih bisa mengeluarkan tinta dengan baik atau tidak. Jika tidak mengeluarkan tinta sama sekali, berarti Anda harus melakukan proses cara membersihkan cartridge ini berulang-ulang hingga lapisan tinta keringnya benar-benar hilang.

Ketiga, tuangkan cairan pembersih atau air hangat ke wadah yang telah disediakan. Setelah itu, masukkan ujung cartridge yang tadi ke air hangat pada wadah. Pastikan tinta yang mengering benar-benar terangkat seluruhnya untuk menanggulangi kemacetan tinta yang akan keluar nantinya. Pastikan juga konektor penghubung yang menghubungkan cartridge dan printer berada dalam kondisi terlindungi. Lakukan proses ini dengan teliti, karena cara yang paling utama terletak pada poin ini.

Keempat, gunakan tissue untuk mengeringkan cartridge. Anda harus mengeringkannya hingga benar-benar kering supaya tidak mengurangi kualitas tinta printer. Setelah cartridge kering dan tidak ada tinta kering yang menempel, hubungkan kembali konektor cartridge ke printer, dan isi tinta seperti biasa. Proses pada cara membersihkan cartridge kesayangan Anda pun selesai.

Kesimpulan

Permasalahan yang sering terjadi pada cartridge adalah tinta yang tidak keluar dengan sempurna karena ada tinta kering yang menghalangi proses keluarnya tinta seperti yang diharapkan. Salah satu langkah untuk menanggulangi hal tersebut adalah dengan membersihkan cartridge dari lapisan tinta kering yang menghalangi. Semakin banyak lapisan tinta kering yang mengotori cartridge, semakin keras pula usaha yang harus Anda lakukan dalam menjalankan proses pembersihan cartridge printer kesayangan Anda ini.

Dalam usaha untuk mejalankan proses ini, usahakan Anda melakukan beberapa hal dengan ekstra hati-hati, di antaranya pada bagian yang berhubungan dengan konektor cartridge, saat membersihkan cartridge dan saat mengeringkannya. Cara ini bisa menjadi cukup merepotkan karena ada kemungkinan Anda harus mengganti air hangatnya dengan yang baru beberapa kali, karena ada kemungkinan tinta yang masih tersisa pada cartridge akan mengotori air hangatnya dengan mudah. Lakukan proses ini hingga air hangat yang digunakan tidak terlalu kotor oleh tinta. Ketelitian Anda akan sangat berpengaruh kepada hasil akhir dari proses pembersihan. Selamat mencoba.