Cara Merakit Komputer

17 Jun 2013 15:00 | Hits: 6662

Tips Trik Cara Merakit Komputer Untuk Gaming dengan Harga Budget Tiga Jutaan

Tips Trik Cara Merakit Komputer Untuk Gaming dengan Harga Budget Tiga Jutaan

Para pengguna komputer yang beragam latar belakang  memiliki spesifikasi komputer yang berbeda-beda. Para pengguna komputer berlatarbelakang desain akan memiliki spesifikasi komputer yang berbeda dengan para gamers yang menjadikan PC sebagai mesin utamanya. Begitu  pun juga dengan para pengguna komputer yang hanya menggunakna komputer sebagai alt bantu kerja membuat dokumen akan berbeda spesifikasinya dengan para fotografer atau editor film. Inilah kelebihan dari perangkat PC. Para pengguna bebas memilih komponen pendukung yang sesuai dengann kebutuhan. Sayangnya hal ini tidak berlaku keseluruhan. Ada beberapa orang yang justru keperluannya hanya untuk mengetik dan berinternet tetapi memiliki spesifikasi komputer untuk games kelas atas. Atau justru malah sebaliknya. 

Agar tidak ada lagi permasalahan yang sama, bagi Anda terutama pengguna awam yang akan merakit komputer untuk games, Anda perlu menyimak tips berikut ini. Tips dan trik cara merakit komputer ini khusus ditujukan untuk Anda yang memiliki dana terbatas tetapi ingin bermain games kelas atas. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut pemaparannya.

Processor

Cara merakit komputer yang harus pertama kali di lakukan ialah processornya terlebih dahulu. Mengingat prosessor generasi terbaru sudah memiliki grafis yang terintegrasi, maka Anda tidak memerlukan kartu grafis. Dalam hal ini Anda dapat memilih prosessor AMD APU A10-5800K. Prosessor ini dijual dengan harga sekitar 1,3 jutaan baik di toko maupun di situs jual beli komputer online. Prosessor ini sudah terbukti mampu menjalankan games mainstream dengan resolusi yang cukup baik. Namun jika Anda ingin menggunakan prossor Intel maka pilihan dengan harga yang serupa adalah Core i3 3210. Sayangnya processor ini meskipun memiliki grafis terintegrasi tetapi performa grafis terintegrasinya berada di bawah A10-5800K. 

Motherboard

Jika Anda menganggap salah satu spesifikasi komputer untuk game yang satu ini tidak begitu penting, maka perkiraan Anda salah. Motehrboard kini menjadi sesuatu yang krusial. Salah memilih motherboard malah akan membuat  komputer tidak maksimal atau yang parah tidak mempunyai kompatibilitas. Untuk mendukung prosesor A10-5800K gunakanlah motherboard dengan socket FM2 yang memiliki chipset dengan kode A75 atau A85. Diusahakan tidak memilih motherboard dengan chipset A55 karena ada beberapa fitur yang tidak didukung oleh chipset ini. Mengingat harga motherboard chipset A85 rekatif tinggi, disarankan gunakan motherboard dengan chipset A75 yang hanya sekitar 700 ribu. Paling murah ditemukan pada motherboard ASROCK FM2A75M yang hanya dijual dengan harga  698 ribu.

Jika Anda akan  menggunakan processor Intel Core i3 3210 maka pilihannya adalah motherboard ASROCK B75M-DGS. Atau Anda dapat mencari motherboard dengan socket LGA 1155 dengan chipset B75 dengan harga yang serupa. Pilihan chipset ini agar memiliki komptibilitas dengan Core i3 3210 yang berasitektur Ivy Bridge. Processor ini didukung pula dengan chipset Z75, Z77, H77, Q75,  dan Q77. Namun motherboard dengan chipset tersebut harganya cukup mahal. Untuk membangun spesifikasi komputer untuk game dengan harga murah, pilihan chipset B75 adalah pilihan cukup bijak 

RAM

Pilihlah RAM dengan spesifikasi  minimal DDR3-1333. Pilihan diatasnya lebih baik, misal DDR3-1600. Anda dapat menggunaklan memori 4GB satu keping untuk platform Intel. Untuk platform AMD, karena menggunakan APU, pemilihan RAM sangatlah krusial. Diusahakan untuk membeli RAM 2 x 2G  DDR-1333 atau DDR-1600. Pemilihan satu keping 4G DDR akna menurunkan performa AMD APU. Harga untuk RAM ini berada pada sekitaran 400-500. Misalnya Anda dapat memilih  GSKILL Memory PC 2x 2GB DDR3 PC-10600 yang berada pada harga 400 ribu. Pilihan memori ini cukup baik untuk sebuah spesifikasi komputer untuk game. Tentu saja jika punya harga lebih, Anda dapat memilih memori DDR-1600. 

Hard Disk 

Saat ini membangun spesifikasi komputer untuk game lebih disarankan untuk memilih SSD dibandingkan hard disk. Namun mengingat harga SSD cukup mahal, pilihannya tentu saja pada hard disk. Untuk Anda yang berdana terbatas, pilihan hard disk yang cocok adalah WDC SATA III Blue 320Gb 16Mb 3.5Inch dengan harga di pasaran sekitar  Rp. 525.000. Kapsitas 320 GB sudah cukup baik dan luas untuk menampung beberapa games mainstream. 

Power Supply 

Untuk urusan catu daya , Anda dapat memilih jenis power supply  480 W atau 500 W.  Harga di pasaran untuk jenis power supply ini berada pada sekitar 500 ribu rupiah. Pemilihan jenis power supply ini adalah untuk menjaga arus listrik yang mengalir ke perangkar keras berjalan dengan lancar. Untuk sebuah spesifikasi komputer untuk game dengan harga 3 jutaan bukan berarti harus memilih catu daya abal-abal. 

Lain-lain

Jika pilihan-pilihan di atas harganya dijumlahkan ditambah dengan keyboard + Mouse dan casing maka harganya sekitar Rp. 3.500.000. Cukup murah bukan? Dengan harga tersebut Anda dapat memainkan games dengan lancar. Khusus untuk platform Intel, pemilihan kartu grafis sangat disarankan untuk kelancaran games. Hal ini berarti Anda perlu menambah dana untuk membeli kartu grafis. Untuk platform AMD sendiri, pilihan baik untuk menambah kartu grafis adalah HD 6670 yang dijual dengan harga sekitar 700-800 (tergantung vendor). Pilihan memilih kartu grafis HD 6670 karena kartu grafis ini dapat difungsikan menjadi crossfire hybrid dengan grafisterintegrasi pada APU A10-5800K. Jika Anda punya dana lebih tentu Anda dapat memilih komponen yang lebih mahal untuk membangun sebuah spesifikasi komputer untuk game. [HMN]