Cara Download Opera

19 Jul 2012 15:00 | Hits: 6723

Cara Download Opera Mini Untuk Android

Cara Download Opera Mini Untuk Android

Sama seperti untuk perangkat mobile lainnya, Opera untuk Android juga tersedia dalam dua versi yang berbeda. Pilihan pertama adalah Opera mobile, sementara yang satunya lagi adalah Opera Mini. Opera Mobile dan Opera Mini adalah peramban yang tampilannya sama. Jadi kenapa Opera mengeluarkan dua versi yang berbeda untuk Android? Ketika menginstal Opera Mobile, maka Anda juga menginstal Presto, yaitu layout engine yang sama dengan yang digunakan oleh peramban Opera yang ada di desktop. Sementara Opera Mini tidak mempunyai layout engine terintegrasi. Jadi untuk menampilkan suatu halaman web, Opera Mini mengandalkan server dari Opera untuk menyediakan mengolah halaman web yang akan ditampilkan.

Ini artinya aplikasi Opera Mini lebih ringan ketimbang Opera Mobile, sehingga bisa diinstal pada ponsel yang mempunyai perangkat keras dengan tenaga prosesor dan memori yang rendah. Karena peramban ini mengalihkan sebagian besar kerja keras pengolahan halaman web ke server milik Opera, bukan ke prosesor dari ponsel. Karena halaman yang ingin ditampilkan pada Opera Mini harus melewati server terlebih dahulu, maka Opera bisa melakukan kompresi di server untuk memperkecil ukuran halaman web yang diminta. Sehingga halaman yang dikirimkan oleh server berukuran lebih kecil ketimbang halaman aslinya yang pada akhirnya membuat koneksi menjadi lebih cepat dan biaya bandwidth jadi lebih ringan.

Jadi peramban mana yang lebih tepat untuk Android? Tergantung bagaimana Anda terhubung ke Internet. Bila menggunakan WiFi atau komunikasi data unlimited melalui jaringan operator seluler, maka Opera Mobile menawarkan kapabilitas yang lebih canggih. Sementara bila Anda menggunakan koneksi yang dihitung per kilobytes, maka Opera Mini bisa membuat biaya koneksi menjadi lebih murah dan lebih cepat dengan fitur kompresinya. Biasanya perangkat Android dilengkapi dengan prosesor yang lebih bertenaga dan memori yang lebih besar, jadi Anda bisa menjalankan Opera Mobile tanpa terjadi pengurangan performa. Jika menginginkan teknologi kompresi halaman web seperti yang dimiliki oleh Opera Mini, maka Anda juga bisa mengaktifkannya di Opera Mobile. Fitur kompresi ini disebut dengan Opera Turbo yang secara default tidak diaktifkan pada Opera Mobile.

Jika sudah menaruh aplikasi Play Store pada homescreen, maka Anda bisa melakukan cara download Opera dengan men-tap ikon Play Store. Jika tidak cari aplikasi Play Store dari App Drawer. Pada perangkat Android versi lama, aplikasi Play Store ini bernama Market. Tap ikon dari aplikasi Play Store untuk membuka Google Play. Jika baru pertama kali menjalankan aplikasi Play Store, maka Anda akan ditanya mengenai Terms and Conditions untuk menggunakan Google Play.

Anda harus menyetujui perjanjian ini agar bisa mengakses Google Play. Setelah itu langsung tap ikon kaca pembesar untuk melakukan pencarian aplikasi. Ketikkan kata kunci Opera tanpa tanda petik pada search bar yang baru muncul. Android akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang diberikan. Dari hasil pencarian, pilih jenis Opera yang diinginkan, apakah itu Opera Mini atau Opera Mobile. Android akan menampilkan halaman deskripsi untuk peramban yang dipilih. Ketuk tombol Install yang ada pada halaman deskripsi tersebut. Aplikasi Play Store kemudian akan menampilkan tombol Accept & download. Tap tombol tersebut untuk melakukan instalasi Opera. Segera setelah menekan tombol Accept & download, perangkat Android Anda melakukan download dan menginstal aplikasi Opera. Setelah selesai melakukan cara download Opera, Anda sudah bisa menggunakan Opera di perangkat mobile milik Anda.

Beberapa fitur yang bisa didapatkan dari Opera untuk perangkat Android seperti hardware acceleration. Opera akan menggunakan fitur tersebut dari prosesor grafik (GPU), misalnya untuk melakukan zoom, sehingga proses zooming menjadi lebih cepat dan mulus. Fitur tersebut hanya ada pada Opera Mobile. Anda bisa menyimpan bookmarks, speed dials, kata sandi dan sebagainya dengan fitur sinkronisasi. Sehingga bisa mengakses data Anda darimana saja, termasuk melalui peramban Opera yang ada di desktop. Opera juga mendukung situs jejaring sosial populer sehingga proses berbagi konten pada situs tersebut menjadi lebih mudah. Peramban ini juga dilengkapi dengan Opera Mobile Store, sehingga Anda bisa memperoleh aplikasi dan games langsung dari Opera. Anda bisa mengunduh aplikasi Opera Mini untuk Android Anda di link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.opera.mini.android. [PN]

Opera for Tablets preview