Mempercantik Desktop Windows 7

18 Jun 2013 06:30 | Hits: 2236

Trik Mempercantik Desktop Windows 7 Dengan Mengusung Konsep Minimalis

Trik Mempercantik Desktop Windows 7 Dengan Mengusung Konsep Minimalis

Tampilan desktop pada Windows komputer kadang sangat berpengaruh dalam mood atau suasana dalam diri. Atau kadang mempengaruhi suasana mood kita dalam melakukan beberapa pekerjaan di PC desktop. Tampilan desktop yang cantik dan minimalis tentu akan sangat membuat desktop komputer Anda enak dipandang dan bisa meningkatkan nilai produktivitas kerja  Anda. Dan cara mempercantik desktop Windows 7 secara lebih tepat dan sederhana tentu bisa dilakukan dengan beberapa cara. Tampilan desktop yang minimalis dan cantik tentu menjadi keinginan kebanyakan pengguna Windows 7 untuk menambah semangat dan mood Anda dalam aktivitas kerja  di PC desktop. Di sini akan membahas cara mempercantik tampilan desktop Windows 7. Kita langsung saja membahas cara tersebut di bawah ini.

Membersihkan Desktop Dari Shortcut Icon

Tampilan desktop yang minim shortcut ataupun folder akan lebih enak dipandang dan nyaman untuk dipakai kerja . Salah satu cara mempercantik desktop Windows 7 ini adalah membersihkan Shortcut Icon pada desktop. Caranya dengan mengklik kanan desktop Windows 7 Anda lalu pilih View kemudian hilangkan  tanda centang pada bagian Show desktop icons. Secara lebih ringkas : Desktop > View> Show desktop icons. Maka secara cepat tampilan desktop Windows 7 Anda akan bersih dari icon-icon tersebut. Dan apabila Anda membutuhkan atau ingin mengembalikan ke posisi semula, cukup lakukan cara yang di atas tetapi dengan memberi tanda centang pada bagian Show desktop icons- nya.      

Menyembunyikan Icon Recycle Bin Pada Desktop

Cara mempercantik tampilan desktop Windows 7 yang satu ini  terbliang cukup membantu.  Icon Recycle Bin ini memang kadang masih muncul di desktop meskipun kita sudah membersihkannya. Satu cara icon Recycle Bin untuk tidak terlalu mengganggu tampilan desktop adalah menyembunyikannya dengan menempatkan di tempat mana saja yang menurut Anda tidak mengganggu pandangan mata, seperti misal menempatkannya di sudut kanan bawah desktop. Atau bisa juga dengan cara menghapus icon tersebut melalui konfigurasi gpedit.

Cara konfigurasi gpedit untuk trik penghapusan icon adalah dengan membuka Start Menu lalu ketik gpedit.msc pada bagian bawah search. Kemudian tekan Enter maka akan muncul form dialog gpedit. Pada Local Group Policy Editior, Anda pilih User Configuration lalu pilih Administrative Template kemudian pilih Desktop lalu Remove Recycle Bin  Icon from Desktop. Langkah berikutnya adalah pilih edit policy setting kemudian ubah menjadi Enabled kemudian Anda lakukan logoff atau restart Windows 7 Anda untuk bisa melihat hasilnya. Secara lebih ringkas : Start Menu > Ketik gpedit > Enter > User Configuration > Administrative Template > Desktop > Remove Recycle Bin Icon from Desktop > Edit Policy Setting > Enabled > Logoff/Restart.

Meng-Auto Hide Taskbar

Perlu Anda ketahui bahwa taskbar pada desktop Windows 7 bisa disembunyikan lewat fitur auto hide hingga taskbar akan tersembunyi apabila mouse tidak aktif di atasnya. Cara mempercantik tampilan desktop Windows 7 ini cukup dengan klik kanan pada taskbar lalu pilih properties lalu beri tanda centang pada bagian Auto-hide Taskbar. Kemudian klik OK atau Apply untuk mengakhiri konfigurasi taksbar ini.

Memasang Wallpaper Yang Menarik

Tampilan cantik pada desktop Windows 7 Anda tentu tidak lekas terpenuhi jika hanya dengan tampilan minimalis yang bebas dari icon-icon shortcut  maupun taskbar. Cara mempercantik tampilan desktop Windows 7 yang lainnya adalah dengan memasang wallpaper yang menarik bagi Anda agar Anda tidak bosan dengan tampilan desktop PC atau laptop Anda. Nda bisa mendapatkan beragam wallpaper yang menarik  dengan cara googling atau mengunjungi situs tertentu yang memang fokus menyediakan wallpaper khusus desktop. 

Menggunakan Auto Switch Wallpaper

Apabila Anda telah memiliki banyak koleksi wallpaper, maka bisa menggunakan fitur auto-switch untuk cara mempercantik tampilan desktop Windows 7 Anda. Fitur auto-switch ini bisa mengganti wallpaper desktop secara otomatis dan secara bergantian sesuai dengan jeda waktu yang anda  inginkan untuk pergantian wallpapernya.

Trik caranya adalah dengan mengklik kanan desktop lalu pilih personalize kemudian pilih desktop background lalu beri tanda centang pada wallpaper yang diinginkan dan tentukan waktunya. Secara lebih ringkasnya :  klik kanan Desktop > personalize > Desktop Background > centang pada wallpaper yang diinginkan dan tentukan waktunya. [BAM]