Perkembangan Alat Komunikasi

17 Jul 2012 10:00 | Hits: 15075

Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi Dari Dulu Hingga Kini

Sejarah Perkembangan Alat Komunikasi Dari Dulu Hingga Kini

Tak dapat dipungkiri sejarah perkembangan peradaban manusia telah melalui proses yang sangat panjang. Tanpa disadari apa yang dihasilkan di masa kini adalah kepanjangan dari apa yang dimulai di masa lalu. Begitupun dengan bidang komunikasi. Sejarah panjang yang terbentang luas dari zaman manusia baru mengenal bahasa, mengenal simbol sebagai media komunikasi non-verbal, hingga keberadaan 140 karakter kata untuk menyampaikan pesan adalah perjalanan yang panjang. Teknologi saat ini mungkin sangat memudahkan para penggunanya untuk dapat berinteraksi melintasi lautan dan udara dengan cepat dan tanpa batas. Tapi, apakah Anda mengetahui bahwa diperlukan waktu berhari-hari bagi burung pos untuk menyampaikan surat berisi pesan dari pengirim kepada penerima. Sadar atau tidak disadari bahwa teknologi modern saat ini telah membuat segala kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dijangkau. Sejarah panjang mencatatnya perkembangan alat komunikasi tersebut.

Sejauh ini alat komunikasi tertua yang telah ditemukan manusia adalah lukisan-lukasi di dinding sebuah gua bernama Lascaux di kawasan Dordogne, Prancis. Ditemukan sekitar 15.000 hingga 13.000 SM, ini mungkin dapat menjadi simbol komunikasi mereka dalam menceritakan beberapa kejadian di masa tersebut. Setelah itu sekitar 5000 tahun SM, di wilayah China & Mesir ditemukan Pictograms dan Ideogram yang merepresentasikan sebuah konsep atau aktifitas yang menunjukkan simbol-simbol hieroglyphs bangsa Mesir serta karakter bahasa bangsa China. Proses komunikasi memang berjalan begitu lamban di masa lalu. Bahkan bangsa Yunani kuno mencatat pada 776 tahun SM mereka telah memanfaatkan burung merpati untuk menyampaikan pesan. Rupanya proses komunikasi telah dipandang penting bagi sebagian besar bangsa-bangsa besar di masa lalu. Sama seperti di masa kini, mereka menciptakan banyak ide dan inovasi di bidang komunikasi agar proses penyampaian pesan dapat dengan mudah tersampaikan. Bangsa Persia tercatat telah menciptakan jasa pelayanan pengiriman surat pertama di dunia.

Yunani memang banyak menciptakan inovasi yang menarik untuk diketahui. Pada 530 SM, seorang pria tecatat telah berlari sekitar 150 mil selama dua hari berturut-turut hanya untuk sekadar menyampaikan kemenangan bangsa Yunani atas Persia. Tidak dapat dipungkiri bahwa proses komunikasi dalam hal penyampaian pesan memiliki posisi yang penting di hadapan publik. Setelah itu ada berbagai penemuan serta perkembangan alat komunikasi yang ditemukan oleh manusia dari berbagai bangsa di dunia. Ditemukannya Heliographs, kertas, hingga koran pertama di dunia memberikan sumbangsih tersendiri terhadap masa depan. Media massa seperti koran pertama yang ditemukan di Jerman pada tahun 1650 semakin membuat konsumsi informasi menjadi penting. Penemuan kode Morse pun tidak dapat dilewatkan begitu saja. Tahun 1835 seorang pria berkebangsaan Amerika Serikat bernama Samuel Morse menciptakan sebuah kode sebagai pola komunikasi non-verbal yang mumpuni. Namun, tentunya peran revolusi industri tentunya sangat berperang penting untuk kemajuan berbagai bidang serta inovasi di dalamnya.

Perkembangan alat komunikasi semakin masif terasa. Beragam inovasi teknologi komunikasi semakin besar di abad 19 dan abad 20-an. Alexander Graham Bell berhasil mematenkan telepon elektriknya pada tahun 1876. Memang tidak secanggih smartphone saat ini yang memiliki kamera serta aplikasi yang dapat memudahkan penggunanya. Tapi, penemuan yang ditemukan oleh Bell menjadi salah satu penemuan terpenting hingga saat ini. Pasalnya keberadaan telepon semakin membuka lebar pintu proses komunikasi serta penyebaran informasi mengenai berbagai hal ke seluruh dunia. Begitupun dengan radio. Guglielmo Marconi berhasil membuat sinyal radio transatlantik pertama yang mampu melintasi lautan atlantik. Terus melaju, kemudian giliran John Logie Baird asal Skotlandia yang memberikan sumbangsih terhadap perkembangan alat komunikasi dengan menciptakan sinyal televisi yang dapat ditransmisikan. Kemudian laju peralatan komunikasi seperti tak terbendung. Dan industri tersebut semakin berkembang pesat.

Dengan ditemukannya teknologi jaringan internet proses komunikasi terus berkembang pesat. Berkat perjalanan sejarah yang panjang, sejak tahun 1994 publik telah dapat menikmati sajian berita dan proses belanja online dengan cepat berkat penemuan World Wide Web (WWW) di Amerika. Kemudian tidak perlu lagi menunggu sang pelari maraton atau mengirimkan burung merpati hanya untuk menyampaikan pesan dengan jangka waktu tak menentu. Tahun 1997, masyarakat luas telah dapat memanfaatkan internet chat pertama yang diciptakan AOL bernama AOL Instant Messenger (AIM). Dengan begitu Anda dapat dengan aman berbincang bahkan dengan orang asing sekalipun. Keberadaan blog pun tidak dapat dipandang sebelah mata. Sejak 1999 Anda tidak perlu lagi membayangkan harus membuat gambar-gambar seperti di gua Lascaux untuk menyampaikan opini atau cerita pribadi. Semua orang dapat menyampaikan pesan apapun secara subjektif melalui blog. Dan dengan perkembangan alat komunikasi di masa kini, ada beragam media komunikasi yang dapat Anda manfaatkan. Teknologi memungkinkan Anda untuk memiliki kehidupan maya secara personal melalui beragam jejaring sosial, serta media sosial. Twitter, YouTube, Facebook, Pinterest, bahkan Paseban telah ikut memberikan kemudahan berkomunikasi baik secara personal atau sosial. Dan perkembangan tersebut sepertinya belum akan berhenti. [MS]